MOM'S LIFE

Cerita Jamie Oliver yang Sebut Dirinya 'A Weekend Parent'

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 11 Agu 2018 - 13.03 WIB
Jamie Oliver (Foto: Jamie Oliver) Jamie Oliver (Foto: Jamie Oliver)
London - Saat berbicara tentang kesehariannya sebagai orang tua, celebrity chef Jamie Oliver menyebut dirinya 'a weekend parent'. Ini terkait dengan bagaimana dia menghabiskan waktu bersama kelima anaknya, Bun.

"Saya akan pergi ke acara utama sekolah anak-anak dan biasanya saya bisa melihat anak-anak selama beberapa malam dalam seminggu. Dari Senin sampai Jumat saya bekerja dan kadang memang sibuk," kata Jamie Oliver kepada Good Housekeeping saat menjelaskan dirinya sebagai 'a weekend parent'.

Menurut Jamie Oliver, mungkin dia tidak bisa menghabiskan banyak waktu dengan kelima anaknya Poppy (16), Daisy (15), Petal (9), Buddy (7) dan River Rocket (1) terutama di hari kerja Senin sampai Jumat. Namun, di akhir pekan Jamie selalu berusaha menghabiskan waktu dengan anak-anaknya dengan bermain bersama. Maka dari itu, Bun, Jamie menyebut dirinya seorang 'weekend parent'.

"Di rumah kami kacau, tapi kacau yang menurut saya baik ya. Di rumah kami ada emosi para remaja, anak berumur 9 tahun dan bayi dengan popoknya," kata Jamie Oliver.



Hmm, mungkin beberapa dari kita juga merasakan yang dialami Jamie Oliver nih, Bun. Terutama bagi orang tua yang bekerja kadang di hari Senin sampai Jumat hanya sedikit waktu yang bisa dihabiskan bareng anak. Sehingga, di akhir pekan jadilah waktu buat kita bersenang-senang dan quality time bareng anak.

Orang tua sibuk sah-sah saja tapi tetap nih, Bun, jangan sampai lupa menjalin interaksi dengan anak ya. Seperti kata psikolog anak dari Tiga Generasi, Anastasia Satriyo yang akrab disapa Anas, walaupun orang tua sibuk bekerja usahakan meluangkan waktu untuk anak. Nggak perlu lama-lama, hanya sepuluh menit aja tapi jika waktu kita dengan anak benar-benar berkualitas itu udah bagus banget, Bun.

Bila memang dirasa sulit bertemu dengan anak di malam hari karena saat kita pulang kerja mereka sudah tidur, usahakan lakukan interaksi berkualitas saat sarapan bareng. Saat ngobrol dengan anak juga jauhkan gadget dan tanyakan bagaimana keseharian anak, apa yang dia rasakan dan gimana aktivitasnya di sekolah juga di rumah.

"Kalau bisa ngobrol lama sama anak bagus banget. Tapi misalnya cuma sebentar, 10 sampai 15 menit aja, nggak masalah. Asal saat itu pula kita benar-benar fokus sama anak, mendengarkan dia dan pastinya kita nggak pegang gadget ya," tutur Anas.

Bunda dan suami gimana, termasuk 'a weekend parent' seperti Jamie Oliver nggak?

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi