MOM'S LIFE

Cara Memakai Obat Nyamuk Semprot yang Benar

Yuni Ayu Amida Kamis, 18 Okt 2018 - 16.02 WIB
Ilustrasi obat nyamuk semprot/ Foto: iStock Ilustrasi obat nyamuk semprot/ Foto: iStock
Jakarta - Bunda pengguna obat nyamuk semprot? Yakin selama ini sudah benar cara pakainya? Ini kata Lula Kamal, Ibu tiga orang anak, yang juga merupakan dokter dan publik figur soal cara pakai obat nyamuk semprot yang benar.

"Pertama yang paling penting, kalau tanya berapa banyak menyemprotnya, berapa banyak pula permasalahan di ruangan tersebut. Kalau misalnya bukunya banyak, gordennya numpuk, enggak pernah dibersihin, gelap lagi ruangannya, nyemprotnya lebih banyak dibanding ruangan yang dikit barangnya," kata Lula Kamal usai konferensi pers launching HIT Magic Expert di Grand Mercure Kemayoran, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (18/10/2018).

Selanjutnya Lula mengatakan jangan menyemprot obat nyamuk saat ada orang di ruangan tersebut. Memang pada dasarnya obat nyamuk semprot itu aman, namun bukan begitu cara penggunaannya.



"Nyemprotnya adalah waktu tidak ada orang, nah setelah itu pintu kamar atau ruangannya ditutup, kemudian diamkan 2-3 jam, sampai nyamuknya mati," lanjut Lula.

Ilustrasi obat nyamuk semprotIlustrasi obat nyamuk semprot/ Foto: iStock
Lula juga mengatakan bahwa pada dasarnya nyamuk tidak hanya mencari tempat yang gelap, tetapi lokasi-lokasi di mana barang bertumpuk, seperti rak buku, bahkan tempat seperti celah di belakang lukisan. Nah, tempat seperti ini perlu diwaspadai.

"Sudah berapa lama kita nggak baca buku? Bukunya kita taruh di situ aja. Terus lukisan, bukan lukisannya yang salah, tapi pernah nggak kita balik lukisan, di belakangnya ada apa? Nah itu bisa jadi tempat buat nyamuk bersarang," ujar Lula.

Jadi ada baiknya lokasi-lokasi seperti ini juga mesti kita semprot, Bun. Nah, soal penggunaan obat semprot yang katanya bisa menempel di bantal maupun seprai, Lula menegaskan bahwa hal itu adalah mitos yang harus dihilangkan, karena itu tidak benar.

"Obat nyamuk semprot atau aerosol itu akan menguap di udara, jadi bukan dia jatuh ke seprai, ke bantal, trus stay di bantal. Tidak seperti itu. Itu adalah mitos yang harus digarisbawahi dan dihapus," tutup Lula

Nah Bun, jadi penggunaan obat nyamuk semprot itu aman bila digunakan secara benar. Dan soal obat nyamuk semprot bisa menempel di bantal maupun seprai itu tidak bener ya.

(nwy/nwy)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi