MOM'S LIFE

7 Rahasia Pernikahan Awet

Siti Hafadzoh Kamis, 01 Nov 2018 - 12.44 WIB
Ilustrasi pernikahan awet/ Foto: Istock Ilustrasi pernikahan awet/ Foto: Istock
Jakarta - Hubungan pernikahan nggak selalu berjalan mulus kan, Bun. Pasti ada saja masalah yang terjadi di dalam pernikahan. Hubungan suami istri yang sukses harus bisa mengatasi masalah dan tidak akan berpisah hanya karena masalah sepele.

Dikutip dari iMom, Cassandra Soars, penulis buku 'Love Like Fire: The Story of Heidi Baker' bertemu sepasang suami istri asal Belanda beberapa tahun lalu. Pernikahan mereka tampak awet dan menyenangkan. Nah, ternyata ini rahasianya, Bun.

1. Positif satu sama lain

Mereka tidak berbicara hal yang negatif satu sama lain. Pasangan yang sukses juga selalu memilih untuk memberi dukungan ketimbang terlalu banyak memberi kritik. Jadi, harus saling memberi dampak positif.

2. Segera meminta maaf

Pasangan yang sukses selalu segera meminta maaf kalau melakukan kesalahan. Bahkan jika kesalahannya kecil sekalipun. Orang yang lebih tangguh dapat memaafkan lebih awal, meski kesalahannya hanya 1 persen. Sikap meminta maaf dan memaafkan ini dapat meredakan konflik secara cepat. Jadi nggak ada konflik berlarut-larut, Bun.

3. Mencoba hal-hal baru bersama

Pasangan yang tidak berkembang bersama akan lebih mudah berpisah dibanding pasangan yang berkembang bersama. Mempelajari hal-hal baru bersama dapat menciptakan kebahagiaan baru dan cara baru supaya saling terikat.

Ilustrasi pernikahan awetIlustrasi pernikahan awet/ Foto: Istock
4. Mengurus diri sendiri

Pasangan yang pernikahan awet ini mengaku lebih aktif menangani beban emosional yang ada pada diri masing-masing. Ketika suami lelah karena masalah di tempat kerja, lebih baik dia memulihkan kondisi psikologis dan emosionalnya dulu. Setelah pulih, baru deh menghabiskan waktu bersama keluarga. Begitu pula dengan si istri. Ketika sedang ada masalah, lebih baik tenangkan diri lebih dulu.



5. Mencoba melihat dari sudut pandang pasangan

Pasangan yang berhasil tidak sering membela diri sendiri ketika menghadapi masalah. Tapi mereka malah berempati pada pasangannya. Mereka menunjukkan perhatian pada pasangannya dengan cara memandang masalah bukan dari sudut pandangnya sendiri, melainkan dari sudut pandang pasangan.

6. Memiliki komitmen

Kalau ingin punya hubungan pernikahan awet dan sukses, Bunda dan pasangan harus memiliki komitmen untuk bersama selamanya. Pasangan yang hubungannya sukses nggak pernah berpikir untuk saling meninggalkan. Bagaimana pun masalahnya, mereka tetap bertahan, tidak membuka peluang untuk perceraian.

7. Memprioritaskan pasangan

Pasangan yang pernikahannya awet selalu berusaha dan selalu menyempatkan untuk berkencan atau menghabiskan waktu berdua. Kebiasaan seperti ini baik banget untuk hubungan suami istri. Orang yang selalu memiliki waktu untuk pasangannya tidak akan merasa kesepian di dalam hubungan pernikahannya.

Menurut Deny Hen MM CLC, life and marriage coach, ketika hubungan suami istri baik, maka pasangan bisa saling toleransi kesalahan satu sama lain. Tapi, kalau hubungan suami istri nggak baik, hal apapun malah mungkin menjadi masalah. Salah satu masalah yang belakangan ini banyak terjadi adalah perselingkuhan. Di balik masalah perselingkuhan, pasti ada masalah yang mendasarinya.

"Bisa karena nggak puas satu sama lain atau merasa bosan dengan pasangan dan lain-lain. Maka itu, masalah ini sebenarnya bisa kok dicegah dari awal. Makanya ketika hubungan dirasa memburuk harus cepat diatasi, jangan tunggu efek-efek negatifnya dulu baru diselesain," jelas Deny.

Daripada muncul masalah yang lebih besar, sebaiknya Bunda menjaga hubungan baik dengan pasangan. Ini juga bisa menghindarkan adanya masalah seperti perselingkuhan dalam hubungan suami istri.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi