sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tanda Pernikahan Tak Sehat Ini Jangan Sampai Bunda Abaikan

Kinan Selasa, 28 Jul 2020 12:41 WIB
Ilustrasi pasangan bertengkar caption
Jakarta -

Tak ada satupun pasangan suami istri yang ingin bertengkar terus-menerus. Maka dari itu, jangan abaikan tanda-tanda pernikahan tidak sehat ini ya, Bunda.

Jika didiamkan dan tak segera dicari jalan keluarnya, permasalahan yang ada justru bisa berisiko mengakibatkan perceraian. Nah, yang sering terjadi, masalah-masalah yang ada justru didiamkan begitu saja.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tanda-tanda pernikahan tak sehat yang rentan terjadi:


1. Selalu saling menyalahkan

Kehidupan rumah tangga memang tak melulu damai ya, Bunda. Ketika terjadi masalah pun tidak bisa begitu saja langsung memaafkan pasangan.

Dilansir Live About, dalam pernikahan seharusnya pasutri bisa saling menerima dan memaafkan. Namun apabila yang terjadi justru sebaliknya alias saling menyalahkan dan merasa benar sendiri, ini bisa memicu pertengkaran.

2. Tidak ada rasa percaya pada pasangan

Dalam hubungan pernikahan, kejujuran dan rasa percaya merupakan sesuatu yang penting. Jika tidak jujur, hal ini bisa membuat rasa percaya jadi kandas.

Apabila yang terjadi justru selalu curiga dan tidak percaya pada pasangan, ini bisa membuatnya jadi tak nyaman dan pernikahan pun jadi tak sehat.

3. Bertengkar terus-menerus

Pertengkaran yang terjadi terus-menerus dalam pernikahan, terutama karena penyebab yang sama, bisa menjadi tanda ada sesuatu yang tidak beres. Misalnya mungkin ada perbedaan prinsip atau masalah komunikasi.

Sediakan waktu khusus untuk berbicara berdua, sampaikan keluhan yang Bunda rasakan dan temukan solusi yang paling sesuai, ya.

young asian couple having a big argument. click for more:Ilustrasi/ Foto: Dok. istock

4. Tak merasa bahagia

Dilansir Huffington Post, rasa bahagia dan nyaman seharusnya tercipta saat sedang bersama pasangan yang dicintai. Namun jika yang terjadi justru Bunda merasa tidak bahagia, berarti ada yang salah dalam komunikasi pernikahan.

Salah satu penyebabnya yakni ketika pasangan terlalu sering bermain ponsel dibandingkan mengobrol berdua, terlalu sering memberi kritik, hingga tidak mau terbuka secara komunikasi.

5. Kekerasan fisik

Salah satu tanda pernikahan tidak sehat yang tak boleh diabaikan yakni kebiasaan melakukan kekerasan fisik. Tentunya kekerasan fisik tidak dibenarkan terjadi.

Kondisi seperti ini mungkin memerlukan bantuan dari pihak ketiga. Jangan diabaikan terus-menerus ya, Bunda!

Simak juga video surat cinta Ahok untuk Veronica Tan sebelum bercerai:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi