MOM'S LIFE

Ibu Bekerja, Cegah Kelelahan Berujung Bahaya Seperti Dira Sugandi

Ratih Wulan Pinandu Selasa, 27 Nov 2018 - 08.00 WIB
Bahaya kelelahan Dira Sugandi/ Foto: Ismail/detikHOT Bahaya kelelahan Dira Sugandi/ Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta - Bunda senang berolahraga? Meskipun baik untuk tubuh, namun olahrga berlebihan bisa membahayakan kesehatan lho.

Hal itu baru saja dialami penyanyi bersuara merdu, Dira Sugandi. Melalui Instagram miliknya, Dira berbagi pengalaman saat divonis kelelahan berlebihan. Rekan duet JFlow ini harus istirahat total selama 2 minggu, Bun.

Menurut Dira Sugandi, pengalaman ini harus dibagikan, agar working mom tidak mengalami hal sama. Awalnya, Dira tetap memakasakan olahraga saat merasa kelelehan. Ternyata, malah berakibat fatal. Dira mengaku tetap memaksakan diri berolahraga untuk menutupi perasaan bersalah setelah makan banyak.

Pada awalnya, Dira merasakan kelelahan luar biasa sejak 2 minggu lalu. Selain merasa kecapaian, dia juga merasa cepat ngantuk dan nggak bertenaga. Padahal biasanya, selalu fit dan bertenaga.

Merasa ada yang aneh, Dira memutuskan untuk tes darah. Hasilnya menyatakan kadar kolesterol Dira tinggi. Tak puas, pelantun Unbeatable ini pun melakukan pemeriksaan lanjutan. Ternyata liver Dira sedikit terganggu akibat terlalu lelah. Nggak cuma itu, maag Dira juga kambuh karena pola makan yang nggak sehat. Kondisi Dira makin parah karena kebiasaannya minum kopi.

Masalah kesehatan Dira nggak cuma itu. Dia disebut mengalami dehidrasi. Kondisi ini lantas memicu asmanyakambuh.

"Jadi walaupun gue minum air putihnya cukup banyak tetap tidak mencukupi kebutuhan tubuh gue yang punya aktivitas cukup tinggi dan rutin olahraga berat. Selain maag, asma pun ikut kambuh karena kecapean tadi. Jadi sekarang diriku harus istirahat total, walaupun tetap harus menunaikan kewajiban beberapa kerjaan yang sudah terikat kontraK," tulis Dira Sugandi.

[Gambas:Instagram]

Setelah melewati itu semua, Dira langsung menyatakan resolusinya untuk hidup lebih sehat di tahun 2019. "Walaupun masih 1 bulan lagi gue tau resolusi gue untuk tahun 2019, gue ingin sehat dan lebih santai dan bahagia dalam menjalani hidup ini."

Kelelahan seperti yang dialami Dira bisa dicegah, Bun. Para ibu bekerja harus melakukan kegiatan yang seimbang antara pekerjaan di kantor dan mengurus pekerjaan domestik di rumah. dr Grace Joselini, dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia Asian Games 2018 menjelaskan, ibu bekerja yang kebanyakan duduk bisa memicu diabetes, hipertensi, jantung dan lainnya.

Dianjurkan dr Grace, agar Bunda meluangkan waktu untuk stretching saat di kantor. Tidak perlu memaksanakan olahraga berat, karena bisa mengganti kursi kantor dengan gym ball. Jadi, sambil bekerja pun tetap dapat melatih otor perut dan paha.

"Ada wall squad juga, menghentak-hentakan kaki sambil duduk beberapa menit juga bisa. Sebenarnya banyak cara yang bisa kita lakukan, jadi tak ada alasan lagi ketika dibilang ibu rumah tangga atau ibu bekerja nggak bisa olahraga. Karena ya mereka punya tips atau cara sendiri," saran dr Grace.

Melansir Working Mother, Bunda yang tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan makanan sehat harus menerapkan gaya hidup seimbang. Jangan sampai melewatkan sarapan supaya Bunda mendapat energi untuk beraktivitas. Selain itu, konsisten dalam menerapkan kebiasaan makan sehat ya, Bun. Pastikan juga Bunda mendapat asupan cairan serta istirahat berkualitas agar tubuh cepat pulih setelah beraktivitas.
(rap/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi