moms-life

Aplikasi Ini Bisa Bikin Kegiatan Mengasuh Anak Lebih Mudah

Joko Supriyanto Kamis, 20 Jul 2017 08:02 WIB
Aplikasi Ini Bisa Bikin Kegiatan Mengasuh Anak Lebih Mudah
Jakarta - Teknologi saat ini berkembang cepat banget ya Bun. Nah, untuk pengasuhan anak, teknologi yang ada bisa semakin memudahkan.

Iya, saat ini ada berbagai aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk memudahkan para orang tua dalam kegiatan pengasuhan anak. Apa saja nih aplikasi-aplikasi yang bisa kita manfaatkan? Lucian Teo selaku User Education and Outreach Specialist, Asia Pacific dan Fibriyani Elastria, Customer Product Marketing Manager, Google Indonesia memaparkannya untuk para ayah dan Bunda. Yuk, simak bersama.

1. Atur Jadwal dengan Google Calendar


Terlalu banyak hal yang terjadi dalam hidup Bunda? Bunda bisa lacak jadwal semua orang dengan multi kalender, terutama jadwal keluarga Bunda agar bisa quality time bersama.

Bunda juga tidak perlu khawatir untuk jadwal yang menumpuk satu file, di sini Bunda bisa membedakan jadwal dengan kode warna yang berbeda, jadi bisa tahu deh mana jadwal anak, mana jadwal suami.

Jangan lupa juga ya Bun atur notifikasi agar tidak melewatkan acara penting.

2. Asisten Pribadi dengan Google Assistant

Asisten pribadi bersuara cerdas yang dirancang untuk memberikan kemudahan melalui percakapan dua arah. Bunda tidak usah khawatir mengenai masalah yang belum Bunda ketahui terkait anak, kesehatannya, atau penyakit si anak.

Cukup katakan "Ok Google" dan dapatkan jawaban untuk pertanyaan sehari-hari secara instan, seperti 'Apa makanan yang mengandung nutrisi tinggi bagi anak?'. Atau Bunda juga bisa menyuruh Google untuk menyanyikan selamat ulang tahun untuk anak. Luar biasa bukan?

3. Simpan Setiap Memori dengan Google Photos

Foto bareng anak? Wah itu mungkin sudah jadi hobi beberapa Bunda. Ya gimana ya, soalnya foto itu akan menjadi kenangan berharga.

Nah, untuk menyimpan foto kenangan, kita bisa memanfaatkan Google Photos, Bun. Dengan aplikasi ini, Bunda bisa mengedit, membagi dan mem-back up foto-foto dengan lebih mudah dan simpel.

Googel ParentGoogel Parent /Foto: Joko Supriyanto


Jangan khawatir kehabisan ruang untuk penyimpanan, sebab Google Photos memiliki ruang simpan tak terbatas.

Nggak cuma itu, kalau mau bikin kolase dan video pendek juga bisa. Cukup manfaatkan Google Photos Assistant.

4. Simpan Foto Lama dengan PhotoScan

Nggak yakin akan apa yang harus dilakukan dengan semua foto cetakan lama Bunda? Dengan Photoscan, Bunda bisa menghubungkannya menjadi salinan digital dalam hitungan detik.

Jadi kita tidak perlu repot lagi deh membawa album lama ke mana-mana, tinggal lihat di handphone, foto lama Bunda bisa dilihat sewaktu-waktu dan kapan saja Bunda mau.

5. Mencari Jawaban Atas Pertanyaan Sulit Via Google Search

Sering nggak sih Bun, dapat pertanyaan yang susah dari si kecil? Kalau butuh jawaban cepat, kita bisa tanya langsung ke Google melalui Google Search.

Atau ingin masak sesuatu tapi nggak tahu resepnya, bisa nih dicari di Google Search.

6. Jelajahi Dunia dengan Google Street View

Lagi berencana liburan bareng si kecil, Bun? Mau ke mana nih? Misalnya mau ke Taj Mahal di India. Nah, agar ada bayangan seperti apa sih Taj Mahal itu, kita bisa manfaatkan Google Street View.

Kalau sudah lebih tahu situasi destinasi yang akan kita kunjungi, saat datang kita jadi merasa lebih mengenal daerah tersebut.

Google ParentGoogle Parent /Foto: Joko Supriyanto


7. Belajar Bahasa Baru dengan Google Translate

Mungkin Bunda sudah akrab dengan aplikasi yang satu ini ya. Nggak cuma bahasa Inggris, bahasa lainnya bisa dipelajari di sini.

Misalnya nih, apa ya bahasa Italia-nya 'hallo'. Cukup ketik kata 'hallo', di kolom sebelah kiri, lalu di kolom sebelah kanan pilih bahasa yang dipilih yakni Italia. Tuh, udah muncul, Bun, hasilnya. Ternyata 'hallo' dalam bahasa Italia adalah 'ciao'. Asyik ya.

8. Saring Konten Dewasa dengan Google Safe Search

Agar anak jauh dari konten dewasa saat berinternet, kita bisa mengaktifkan 'safe search' di setelan penelusuran. Caranya gampang banget Bun, tinggal buka akun Google di handphone, kemudian pilih setting, kemudian aktifkan 'safe search'. Jangan lupa log in dulu ya.

9. Cari Info dan Hiburan dengan Youtube

Aplikasi yang satu ini mungkin juga sudah Bunda kenal baik ya. Bahkan si kecil juga mungkin sudah akrab dengan Youtube.

Ya, di sini memang bisa dicari video apa saja dari yang mendidik sampai yang menghibur. Tapi jangan lupa ya mengatur video yang menurut Bunda cocok dan tidak cocok untuk anak. Bunda juga bisa melaporkan video yang tidak sesuai untuk ditonton anak dengan pilih reporting dan flagging.

Agar lebih aman dan tersaring, baiknya sih Bunda bikin playlist-nya. Jadi anak hanya akan menonton video yang ada dalam playlist.

10. Video-call Orang Tercinta dengan Google Duo

Sedang jauh-jauhan dengan si kecil karena urusan pekerjaan, Bun? Mungkin Bunda bisa menggunakan Google Duo untuk melepas kangen. (jos)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi