mom-life

Momen Haru Perawat Bantu Ibu yang Baru Melahirkan Memakai Celana

Radian Nyi Sukmasari Minggu, 17 Sep 2017 11:01 WIB
Momen Haru Perawat Bantu Ibu yang Baru Melahirkan Memakai Celana
Jakarta - Setelah melahirkan, tubuh rasanya payah. Daya untuk bisa melakukan aktivitas yang terbilang sepele pun rasanya tak mampu. Tapi, ketika kita ada di RS, bantuan perawat di saat-saat seperti ini amatlah berarti.

Ibu bernama Jill Krause baru saja melahirkan. Fisik Jill lemah. Hingga untuk bisa memakai celana dalam setelah ia buang air saja butuh perjuangan. Namun, Jill beruntung karena ada seorang perawat yang dengan tulus memakaikan celana dalam untuknya.

Momen ketika Jill dibantu pakai celana dalam diabadikan oleh sang teman, fotografer Katie Lacer. Ya, saat itu Jill baru saja beberapa menit setelah melahirkan. Duh, bisa dibayangkan ya Bun bagaimana lelahnya fisik Jill saat itu? Nah, foto Jill salah satunya dibagikan oleh akun Facebook Baby Rabies. Sejak diunggah pada 14 September lalu, foto Jill sudah dibagikan lebih dari 56 ribu kali, Bun.


"Saya tidak akan pernah melupakan wajah para perawat yang mendampingi saya ke kamar mandi setelah melahirkan. Di momen ini, saya sangat rapuh, lelah, takut, dan goyah. Perut saya membengkak, mengempis. Mereka (perawat) memperlakukan saya dengan baik dan bermartabat," tulis Jill dalam keterangan foto yang diunggahnya.

Jill merasa, apa yang dia alami merupakan bentuk bukti bahwa dia masih memiliki lingkungan yang mau menolongnya dalam kondisi kepayahan seperti itu. Hanya pakai celana dalam memang akan mudah dilakukan ketika kita dalam kondisi normal ya, Bun. Tapi, setelah melewati masa-masa jelang melahirkan yang nggak mudah, dengan peluh menetes dan tenaga yang seakan sudah habis, pakai celana dalam saja rasanya susah setelah si kecil lahir.

Baca juga: So Sweet! Respons Suami Soal Tubuh Sang Istri Pasca Melahirkan

Maka dari itu, Jill menekankan waktu sedikit yang dia lewati di kamar mandi amat berharga. Padahal, saat itu perawat 'hanya' membantu memasangkan pembalut di celana dalamnya. Sekitar 10 ribu lebih netizen mengomentari foto ini. Kebanyakan dari mereka kagum dan tersentuh dengan apa yang dilakukan si perawat.

Momen haru perawat bantu ibu yang baru melahirkan memakai celana dalamMomen haru perawat bantu ibu yang baru melahirkan memakai celana dalam (Foto: Facebook/ Baby Rabies)


"Perawat saya yang mendampingi saya setelah melahirkan juga melakukan hal yang sama. Butuh seseorang yang spesial untuk bisa melakukan ini dengan penuh kerendahan hati seperti perawat pendamping dokter obgyn. Mereka adalah pahlawanku!" kata Linda Wyatt.

Setelah melahirkan melalui persalinan normal, selain kondisi fisik yang payah, vagina juga bisa terasa nyeri. Kalau kayak gini, duh! Rasanya bergerak sedikit aja sakit ya, Bun. Apalagi untuk melakukan hal sepele yang sebenarnya mudah dilakukan ketika kita dalam kondisi sehat.

Dikutip dari Boldsky, nyeri pada vagina pasca bersalin normal bisa disebabkan karena adanya tekanan, otot robek, dan episiotomi. Persalinan normal memberikan tekanan besar pada daerah antara rektum dan vagina. Akibatnya, ada trauma pada otot-otot sekitar vagina. Hal inilah yang bisa menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit selama berminggu-minggu setelah melahirkan.

Nah, kadang kepala bayi memberi tekanan terlalu besar pada vagina saat melahirkan hingga menghasilkan sedikit robekan di sekitar vagina. Sementara, ada pula episiotomi yang dilakuan untuk mengatasi vagina yang tidak cukup besar untuk dilewati kepala bayi. Episiotomi adalah tindakan menggunting kulit dan otot antara vagina dan anus. Tujuannya untuk melebarkan jalan lahir. Setelah proses kelahiran selesai, dokter akan menjahit luka tersebut. Butuh waktu sekitar satu bulan untuk sembuh.

Baca juga: Tolong Ya, Jangan Ucapkan Hal Ini ke Ibu yang Melahirkan Caesar (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi