mom-life

Begini Enaknya Ikut Komunitas Ibu-ibu yang Anaknya Seumuran

Nurvita Indarini Senin, 04 Dec 2017 14:00 WIB
Begini Enaknya Ikut Komunitas Ibu-ibu yang Anaknya Seumuran
Jakarta - Bun, yuk kenalan dulu dengan sahabat HaiBunda yang satu ini. Namanya Fitri Windawati. Bunda berusia 27 tahun ini adalah anggota komunitas Birth Club November 2016. Ini merupakan komunitas yang isinya orang tua anak-anak yang lahir pada November 2016.

Pipit, demikian sapaan akrabnya, senang banget Bun bisa bergabung dengan orang tua lain yang anaknya seumuran. Ya, November ini, anak-anak mereka sama-sama merayakan ulang tahunnya yang pertama.

"Ini kan ada grup di WA juga. Belum pernah ketemu sebelumnya sih, tapi karena anak kita seumuran jadi ngerasa kayak menghadapi hal yang sama. Kita bisa sharing perkembangan anak, makanan anak," tutur Pipit saat ngobrol bareng HaiBunda di sela-sela perayaan ulang tahun pertama anak-anak yang tergabung dalam Birth Club November 2017 di Istana Nelayan, Serpong, Tangerang.


Pipit bercerita, dirinya pernah merasa galau karena di usia delapan bulan, anaknya masih makan bubur tepung. Lalu dia pun berbagi kegalauan di grup tersebut dan banyak mendapat masukan dari ibu-ibu lainnya di komunitas. Nggak menggurui atau men-judge, tapi saran yang muncul dari pengalaman masing-masing. Iih, seru ya.



Pernah juga nih, Achio El Prahara, si kecil kesayangan Pipit diare. Hal itu pun dia share ke grup komunitas untuk minta masukan. Ada yang menyarankan untuk lebih banyak minum air putih biar nggak dehidrasi, dan ada juga yang menyarankan untuk memberi pisang ke si kecil agar diarenya berhenti.

Pipit bersama suami dan anaknya/Pipit bersama suami dan anaknya/ Foto: Nurvita Indarini


"Aku lakukan juga sarannya, tapi tetap ke dokter juga. Ke dokter dalam seminggu itu sampai empat kali. Akhirnya anak aku dirawat di rumah sakit," tambah Pipit.

Hal lain yang pernah dibagikan Pipit di grup komunitas adalah saat anaknya terkena cacar air. Kala itu si kecil masih berusia delapan bulan. "Tapi nggak dapat masukan karena ternyata belum ada yang anaknya kena cacar air. Jadi anak aku yang pertama kena di grup ini," imbuh Pipit sambil tertawa.

HaiBunda juga ngobrol nih sama bunda lain yang tergabung di komunitas ini, Endah. Endah menuturkan pernah share soal puting lecet yang cukup mengganggu proses menyusui. Oleh ibu-ibu di grup komunitas tersebut Endah mendapat saran untuk mengolesi puting dengan minyak kelapa, dengan ASI, hingga krim tertentu.

"Ada salah satu ibu yang pernah coba krim itu dan sembuh. Kata dia sebelum saya beli, mending coba dulu krim dia, lalu dia kirim krim itu ke saya," terang Endah.

Endah bersama suami dan anaknya/Endah bersama suami dan anaknya/ Foto: Nurvita Indarini


Endah senang sekali bisa gabung dengan Birth Club November 2016. Meski sebelumnya belum pernah bertemu, tapi saat ngobrol di WhatsApp akrab banget seperti sahabat lama.

"Di sini jadi punya teman baru, keluarga baru," ujar Endah.



Endah bilang, komunitas ini isinya 53 keluarga dengan 56 bayi. Selama Endah bergabung dengan komunitas ini sejak Januari 2016, dirinya merasa punya 'teman main'. Jadi meskipun jarang kopi darat, tapi ketika ada acara parenting, seperti Festival Bunda Happy yang digelar HaiBunda beberapa waktu lalu, Endah punya teman untuk sama-sama datang.

"Bisa dapat info dari ibu-ibu kalau ada acara parenting juga," ucap Endah.

Bagaimana, Bunda tertarik gabung juga? (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi