sign up SIGN UP search


moms-life

Manfaat Gabung Komunitas bagi Bunda Milenial

Yuni Ayu Amida   |   Haibunda Kamis, 22 Aug 2019 16:01 WIB
Enggak cuma bisa dapat teman, gabung komunitas bisa menghasilkan uang tambahan juga lho, Bun. caption
Jakarta - Di zaman yang semakin maju ini, tentunya para ibu dituntut untuk bisa menyeimbangi diri. Salah satu cara agar kita tetap bisa berkembang adalah dengan bergabung dalam suatu komunitas.

Financial Planner Rista Zwestika, S.Sos. AWP. CFP., menuturkan, tidak ada salahnya para ibu, khususnya ibu rumah tangga ikut dalam suatu komunitas. Selain bisa mendapat pengetahuan, ibu rumah tangga ini juga akan memiliki lingkungan sosial, yang pada akhirnya dia tidak akan merasa sendirian.

"Waktu anak saya lahir, banyak komunitas parenting saya ikut, karena saya enggak punya pengalaman how to handle anak. Sekarang anak saya ABG, saya harus tahu how to handle ABG zaman sekarang, apa yang harus saya lakukan. Jadi komunitas itu penting banget," ungkap Rista, saat mengisi acara di Jakarta, Rabu (21/8/2019).


Tapi enggak asal gabung begitu saja ya, Bun. Harus lihat dulu apakah komunitas tersebut bisa memberikan nilai positif untuk kita.

"Di komunitas itu, kita harus dapat info, diskon-diskon, teman kongkow. Teman bukan sekedar kongkow, tapi bagaimana komunitas itu bisa menghasilkan value positif buat kita, plusnya lagi kita bisa dapatin income tambahan," tutur Rista.

Manfaat Gabung Komunitas bagi Bunda Milenial Rista Zwestika, S.Sos. AWP. CFP.,  /Foto: Yuni Ayu Amida

Rista menambhkan, saat memutuskan gabung di sebuah komunitas, harus pastikan dulu niat kita bergabung itu untuk apa. Tapi, akan lebih bagus lagi jika sebuah komunitas bisa membuat kita punya penghasilan tambahan.

"Contoh ada yang jualan online, atau punya bisnis apa, harus saling berinteraksi. Kalau untuk bisnis online bisa jadi reseller, atau dropship yang tanpa modal, sekarang dengan gabung komunitas, bisa buka peluang bisnis tanpa modal," jelasnya.

"Sekarang lagi marak banget bisnis MUA (makeup artist) kan, bisa coba jadi modelnya, lama-kelamaan dia jadi model berbayar, MUA-nya akan mengeluarkan uang untuk dia jadi modelnya."

Sebuah komunitas yang baik, lanjut Rista, sejatinya bisa membantu membuka pikiran kita. Bunda juga akan merasa memiliki teman di tengah kesibukan menjadi ibu. Selain itu, komunitas yang membuat Bunda menghasilkan income, pastinya akan sangat membantu keuangan keluarga.

"Kalau kata Dilan, bertahan sama rindu itu berat, kalau kata Rista, bertahan pada satu pendapatan itu luar biasa beratnya," candanya.

Simak pula tips mengelola uang ala Astrid Tiar ini, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!