sign up SIGN UP search


moms-life

Sekecil Apapun, Perkembangan si Kecil Pasti Bikin Ibu Happy

Nurvita Indarini Kamis, 22 Feb 2018 13:02 WIB
Sebagai bunda, happy itu adalah ketika melihat perkembangan si kecil yang makin hari makin pintar. caption
Jakarta - Bagi ibu, mungkin bahagia itu sesederhana melihat anak kita makin hari tumbuh berkembang makin besar dan pintar. Mungkin anak lain ada yang perkembangannya demikian cepat, tapi pasti kita selalu mensyukuri ya, Bun, perkembangan anak kita, meskipun kecil.

Seperti cerita aktris Joanna Alexandra nih, Bun. Anak keempatnya, Ziona Eden Alexandra Panggabean, yang berumur 9 bulan masih bergantung pada selang NGT untuk minum susu. Namun perlahan tapi pasti, Zio, panggilan akrab bayi lucu itu, sudah mulai bisa menegakkan lehernya sehingga sudah bisa makan makanan pendamping ASI.

"Zio belajar menelan. Ini masih pakai NGT karena kemarin kalau nelan masuk ke paru-paru. Sekarang mulai bisa makan pakai sendok. Makanan dia masih yang halus, tapi sudah kental. Bubur susu, nasi daging sapi," tutur Joanna di sela-sela #Orami5Tahun di Penang Bistro, Jl Kebon Sirih Raya, Jakarta Pusat, Rabu (22/2/2018).


Anak keempat Joanna Alexandra/Anak keempat Joanna Alexandra/ Foto: Instagram Joanna Alexandra


Meski belum lama dikenalkan MPASI, kata Joanna, Zio sudah bisa memilih makanan yang disukai. Jadi nggak semua makanan Zio mau, sehingga Joanna masih coba-coba nih, Bun, mengenalkan berbagai rasa makanan dan menu.

Joanna juga happy nih karena si kecil Zio sudah bisa tengkurap sendiri. Dulu saat melihat bayi-bayi lain sudah bisa posisi tengkurap, Joanna sering berpikir kapan Zio bisa tengkurap dan menegakkan kepala. Tapi memang ya, Bun, semua ada saatnya.



Dengan lingkar kepala yang agar besar karena di luar kurva normal, ternyata Zio bisa mengangkat kepalanya sendiri. Yang lebih membahagiakan, kata dokter Zio nggak perlu dioperasi, melainkan diobservasi saja.

Joanna lantas mengenang saat si kecil Zio beberapa waktu lalu lahir tanpa menangis dan langsung masuk ke NICU. Setelah itu, Zio juga nggak bisa menyusu langsung ke ibunya karena dagunya kecil dan agak mundur, sehingga pelekatannya nggak pas.

"Depresi banget waktu itu. Aku gendong begini (memperagakan posisi hendak menyusui, -red), dia nangis. Saat itu aku merasa tertolak. Tapi kata suamiku nggak apa-apa, yang penting minum ASI," papar Joanna.



Saat lahir, Zio juga mengalami clubfoot. National Health Service (NHS) Inggris menjelaskan clubfoot dikenal juga sebagai congenital talipes equinovarus (CTEV). Ini merupakan kelainan bentuk kaki dan pergelangan kaki, sehingga bentuk kaki bayi terlihat berbeda dari yang lain.

Pada bayi dengan clubfoot, posisi kaki membengkok ke bawah dan memutar ke dalam. Karena itu dua bulan pertama hidupnya, kaki Zio diterapi dengan gips. Nah, sejak usia 3 bulan, Zio pakai sepatu khusus yang seharusnya dipakai 23 jam setiap hari.

Semangat selalu ya Bunda Joanna. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!