kesehatan

Coba Lakukan Ini Saat Ada Benda Asing 'Nyangkut' di Hidung Anak

Radian Nyi Sukmasari 20 Feb 2018
Coba Lakukan Ini Saat Ada Benda Asing Nyangkut di Hidung Anak/ Foto: thinkstock Coba Lakukan Ini Saat Ada Benda Asing 'Nyangkut' di Hidung Anak/ Foto: thinkstock
Jakarta - Anak lagi main dan nggak sengaja ada benda asing berukuran kecil yang nyangkut di hidungnya. Dalam situasi kayak gini, bukan nggak mungkin kita jadi panik. Hmm, tenang dulu, Bun. Yuk coba lakukan beberapa hal ini untuk mengatasinya.

Kata dr Marlyn Cecilia Malonda SpA dari Mayapada Hospital Tangerang, sebagai orang tua menjaga anak di usia 1-4 tahun memang butuh perhatian super ekstra nih. Ya nggak, Bun? Apalagi di usia ini anak-anak lagi pengen banget tahu akan segala sesuatu. Alhasil semua benda dipegang, diamati, dicium, bahkan dimasukkan ke dalam mulut hingga ada risiko tertelan dan masuk ke hidung bahkan telinga.

Benda yang berisiko tertelan atau masuk ke hidung atau telinga bisa berupa benda organik seperti kacang atau biji-bijian, makanan seperti makaroni, spaghetti, dan mi, kemudian bisa juga berupa benda non-organik seperti mainan plastik berukuran kecil, baterai jam tangan, tisu, manik-manik, potongan crayon, dan penghapus.

"Banyak masalah yang akan terjadi begitu benda asing masuk ke dalam tubuh terutama pada hidung, mulai dari masalah ringan sampai berat. Seperti sulit bernapas, iritasi, infeksi, bahkan perdarahan," kata dr Marlyn waktu berbincang dengan HaiBunda.

Ketika anak nggak sengaja memasukkan benda asing ke hidung, kata dr Marlyn ada beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah untuk mengeluarkan benda tersebut. Kalau benda asing yang nyangkut di hidung bisa terlihat dan tampak pada ujung hidung bagian luar, maka kita bisa gunakan pinset datar untuk mengeluarkannya, Bun.



Kalau anak udah agak besar, kita bisa minta mereka bekerja sama untuk melesit hidungnya seperti sedang mengeluarkan ingus. Jadi, minta si kecil melesit hidungnya dengan kuat agar benda asing tersebut bisa keluar.

"Cara lainnya adalah memberikan ventilasi tekanan positif lewat mulut. Ini disebut juga mother kiss atau father kiss. Di sini, posisinya seperti proses ciuman dengan mengunci mulut anak dengan mulut kita, kemudian 'blokir' lubang hidung anak yang tidak tersumbat dengan jari," tutur dr Marlyn.

Setelah itu, tiupkan udara dengan tekanan yang cukup ke dalam mulut anak. Nah, berkat tekanan tersebut, benda yang terjebak akan tertiup keluar. Misalnya benda yang terjebak di hidung anak adalah makaroni dan teksturnya cenderung cukup lembut, jadi lebih mudah keluar.

dr Marlyn juga berpesan buat para orang tua saat menghadapi situasi ada benda asing nyangkut di hidung anak agar nggak panik. Lalu ingat, Bun, jangan pernah memasukkan jari atau benda apapun ke lubang hidung anak untuk mengeluarkan benda tersebut. Soalnya, dalam keadaan panik bisa-bisa benda asing makin terdorong ke dalam rongga hidung.

Kalau benda asing itu nggak terlihat atau sudah dicoba dikeluarkan tapi yang keluar cuma sebagian, nggak keluar sama sekali, bahkan terjadi perdarahan di hidung anak, dr Marlyn menyarankan untuk segera cari pertolongan ke klinik atau RS terdekat.

"Ingatlah untuk selalu mengajarkan anak cara yang benar dalam bermain dan sebisa mungkin singkirkan benda-benda kecil yang berpotensi masuk ke hidung," kata dr Marlyn memberi pesan.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi