mom-life

Tiap Keluar Rumah Ibu Ini Selalu Bawa Boneka Beruang, Kenapa Ya?

Asri Ediyati Jumat, 23 Feb 2018 17:00 WIB
Tiap Keluar Rumah Ibu Ini Selalu Bawa Boneka Beruang, Kenapa Ya?
Jakarta - Ketika sudah memiliki anak, fokus kita pasti selalu tertuju ke anak. Sayangnya, tidak untuk ibu asal Australia yang satu ini. Sudah memiliki bayi, tapi Amy Noonan selalu lupa dengan bayinya jika sedang membawa si kecil pergi keluar.

Ya, ibu ini memliki sindrom yang langka yakni Forgotten Baby Syndrome (FBS). FBS adalah fenomena yang sangat berbahaya dan dapat menimbulkan konsekuensi yang buruk, Bun. Ya, misalnya nih kita pergi sama anak dengan naik mobil, setelah mematikan mobil kita lantas pergi begitu saja. Padahal, di mobil ada bayi kita yang lagi tertidur di car seat.

Tuh, kebayang bahayanya kan, Bun? Nah, untuk mengakali sindrom ini tiap kali Amy mengajak putranya bepergian naik mobil, ia juga selalu membawa boneka beruang. Hal ini ia lakukan agar nggak lupa sama anaknya.


"Big Ted salah satu boneka dari masa kecilku, aku mengambilnya dari rumah orang tuaku setelah mulai mengasuh anak. Satu-satunya alasan untuk membawanya adalah untuk mengingatkanku bahwa anak ada di dalam mobil," kata Amy dikutip dari Mamamia Australia.



Menurut Amy, Big Ted adalah 'wakilnya' untuk membantu mencegah FBS. Sindrom ini terjadi ketika orang tua yakin kalau mereka telah menurunkan anak mereka dari mobil saat pergi, padahal mereka belum menurunkannya.

"Di musim panas Australia yang cuacanya sangat terik dan mungkin di negara lain, anak-anak telah meninggal karena ini. FBS adalah mimpi buruk," kata Amy.

FBS dikenali secara medis dan disebabkan oleh kelelahan dan perubahan rutinitas serta kurang tidur. Sejak tahun 1990, telah terjadi lebih dari 600 kematian karena orang tua melupakan anak-anak mereka. Tanpa disadari, orang tua bisa membiarkan anak duduk di car seat dan pastinya dalam keadaan terikat di kursi mobil di cuaca panas.

"Peran Big Ted sekarang adalah menjadi pengingat yang duduk di kursi bayi anak laki-lakiku kapan pun dia tidak berada di dalam mobil. Saat bayi di dalam mobil, Big Ted aku taruh di kursi penumpang," tuturnya dikutip dari The Sun.

Ada trik lain yang dilakukan Amy untuk mencegah FBS, Bun, yakni meninggalkan ponsel atau sepatu di kursi belakang dan tepat di samping bayi. "Cara lainnya adalah selalu meninggalkan satu sepatu di jok belakang, karena kita pasti tidak akan berjalan ke manapun hanya dengan satu sepatu. Kita juga bisa meletakkan ponsel, dompet atau tas tangan di jok belakang," kata Amy.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi