mom-life

Cerita Atiqah Hasiholan Momong Anak Saat Bekerja

Annisa Karnesyia Senin, 29 Apr 2019 17:30 WIB
Cerita Atiqah Hasiholan Momong Anak Saat Bekerja
Jakarta - Sempat vakum setelah melahirkan, Atiqah Hasiholan akhirnya kembali ke layar lebar, Bun. Alasannya karena putri semata wayangnya, Salma Jihane Putri Dewanto sudah cukup umur untuk ditinggal bekerja.

"Karena Salma sudah satu tahun, jadi aku rasa sudah bisa lah kerja lagi," kata Atiqah, dikutip dari 20detik.


Meski kembali ke dunia seni peran, Atiqah tidak pernah melupakan tanggung jawabnya sebagai seorang ibu. Tidak jarang istri dari Rio Dewanto ini mengajak serta sang anak saat bekerja.


"Salma aku bawa kalau syuting ke luar kota. Sebisa mungkin aku maksimalkan di waktu senggang, entah lagi break syuting atau makan siang, sebisa mungkin sama dia," ujar wanita 37 tahun ini.

Bila dibilang capek harus momong anak saat bekerja, Atiqah mengakuinya, Bun. Tapi baginya semua itu adalah tanggung jawab seorang ibu yang sudah memilih bekerja.

"Capek pasti, namanya anak-anak, maunya main terus. Tapi ya itu tanggung jawab ibu lah. Di sini aku memilih bekerja dan membesarkan anak. Pastinya kita harus pintar-pintar membagi energi," tutur Atiqah.

Atiqah Hasiholan dan keluarga/Atiqah Hasiholan dan keluarga/ Foto: Instagram

Mengajak anak saat bekerja bisa Bunda lakukan sesekali lho. Dengan anak melihat ibunya bekerja dan bertanggung jawab atas pekerjaannya, dia akan mencontoh saat tumbuh dewasa.

"Penelitian menunjukan pada anak perempuan dewasa yang ibunya bekerja di luar rumah sejak ia kecil akan memiliki tanggung jawab dan secara finansial lebih baik daripada yang ibunya tinggal di rumah sepanjang waktu," ujar Kalthleen McGinn, profesor di Harvard Business School seperti dilansir Harvard Business School Working Knowledge.

Mcginn berharap penelitian itu membawa kelegaan bagi para ibu yang merasa bersalah harus bekerja sambil mengurus anak. Temuan lainnya adalah pekerjaan ibu tidak memberikan pengaruh apapun pada kebahagiaan anak-anak saat dewasa.


Mengajak anak ke lingkungan kerja ibu memang memberikan banyak manfaat. Mengutip Working Mother, anak tidak hanya belajar seputar pekerjaan ibunya, tapi juga mengetahui lingkungan pekerjaan dan bagaimana perusahaan berjalan.

Anak-anak itu polos, Bun. Saat diajak ke kantor Bunda, mereka seperti melihat dunia yang baru yang berbeda dari sekolah atau rumahnya. Anak juga bisa menemukan pilihan karier dan pandangan baru tentang lingkungan kerja termasuk jenjang karier dan informasi lainnya untuk menuju kesuksesan.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi