sign up SIGN UP search


moms-life

Tantangan Mendidik 'Kids Jaman Now' Menurut Nur Asia Uno

Asri Ediyati & Asri Ediyati   |   Haibunda Minggu, 25 Mar 2018 13:00 WIB
Menurut Nur Asia Uno, ada tantangan tersendiri saat mendidik 'kids jaman now'. Apa ya? caption
Jakarta - Mendidik anak bukanlah hal yang mudah, belum lagi harus mengikuti perkembangan zaman yang terus berubah. Nah, menurut Nur Asia Uno tantangan mendidik 'kids jaman now' atau anak-anak zaman sekarang tentunya berbeda dengan zaman dulu.

"Zaman sekarang boleh berbeda dengan zaman dulu, tapi kalau menurut saya harus agama yang diperhatikan dulu. Karena kalau agama udah benar pasti anak kembali ke track-nya (nggak tersesat)," tutur Nur Asia Uno kepada HaiBunda.

Kata Nur Asia Uno, sekarang meskipun teknologi udah maju, kita nggak bisa mengawasi anak 24 jam penuh. Tapi kalau kita tanamkan nilai-nilai agama dan dikasih aturan dengan benar anak-anak nggak akan melanggar ataupun melakukan hal yang buruk.


Istri wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno ini juga bilang orang tua dan guru jugalah yang harus bisa mendidik karakter anak. Soalnya, menurut Nur Asia orang tua, guru dan lingkungan turut membangun karakter anak dan yang turut menentukan anak akan jadi apa ke depannya.



"Jadi, baru-baru ini saya diajak oleh Dewi Motik, ke sebuah sekolah. Sekolahnya ini bagus sekali, mereka mengajarkan kerajinan dengan teknik jumputan, di situ mereka boleh berjualan. Jadi udah belajar jadi pengusaha dari kecil," ujarnya.

Nur Asia Uno juga bercerita, dulu anaknya berjualan es teh manis ke tetangga sampai sekolah. Ternyata, sampai di sekolah, oleh pihak sekolah dilarang untuk berjualan karena katanya siswa hanya diperbolehkan untuk belajar.

"Nah, itu polanya kurang tepat, makanya dengan perkembangan zaman kita harus memberikan pelajaran yang baru. Karena zaman dulu dengan sekarang berbeda. Dari orang tua dan guru yang memang seharusnya memberi contoh yang baik kepada anaknya," kata Nur Asia Uno.

Jadi, intinya nih Bun, menurut Nur Asia Uno dalam mendidik anak semuanya dimulai dari orang tua, karena orang tua menjadi sekolah pertama bagi buah hatinya. Perkara zaman sekarang semakin rumit, itu tergantung bagaimana masing-masing orang tua mendidik dan membangun karakter anaknya.

Kalau menurut Bunda, apa sih tantangan mendidik 'kids jaman now'?

(rdn)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!