mom-life

Saat Semua Sibuk, Gimana Bunda dan Keluarga Quality Time?

Amelia Sewaka Jumat, 30 Mar 2018 11:01 WIB
Saat Semua Sibuk, Gimana Bunda dan Keluarga Quality Time?
Jakarta - Kadang waktu rasanya berjalan begitu cepat ya, Bun. Kayaknya baru kemarin hari Senin, eh sudah mau weekend lagi. Meski kita dan masing-masing anggota keluarga punya kesibukan dan kegiatan rutin masing-masing, jangan sampai nggak sempat quality time ya, Bun,

Seperti Melanie Putria nih, dia adalah salah satu ibu yang disibukkan berbagai kegiatan. Meski begitu dia nggak mau waktu dan kegiatan membuatnya jauh dari suami dan anak-anaknya. Jadi ya, waktu sesedikit apapun, dia akan gunakan untuk bermain dan berkegiatan bersama.

"Kita sama-sama sibuk, cuma ketika ada waktu untuk bersama ya udah di situlah semuanya kita kumpul. Biasanya di rumah aja, milih nggak ke mana-mana, di kamar main-main aja," kata Melanie Putria saat ngobrol dengan HaiBunda.



Itu semua Melanie lakukan tanpa boleh pegang gadget. Jadi ia dan suami berkomitmen jika ada momen mereka bisa bareng-bareng di rumah, nggak ada tuh yang namanya acara pegang gadget.

"Pokoknya kita harus main sama-sama, itu quality time yang berlaku di rumah," tutur Puteri Indonesia 2002 ini.

Sedangkan untuk quality time khusus bareng suami, istri dari Angga Puradiredja ini mengatakan komunikasi adalah yang paling penting. Apalagi kalau kuantitas bertemu suami secara langsung kurang banyak.

"Paling nggak komunikasi by phone tetap jalan, by What's App tetap lancar. Jadi minimal dia tahu aku di mana, lagi ngapain dan sebaliknya gitu juga. Itu yang kita jalanin dan kita pegang komitmennya sama-sama," papar Melanie Putria.

Ya, ketika sedang quality time memang sebaiknya jauhkan gadget dari tangan kita, Bun. Jangan sampai nih, kita sudah di rumah sama-sama tap masih saja sibuk main gadget, sedangkan si kecil diabaikan.

Seperti kata psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani M.Psi., Psikolog, sebisa mungkin ketika bersama anak di rumah, kesampingkan dulu gadget dan fokus ke anak. Kita ajak mereka bicara, menatap matanya, mendengarnya, dan bermain bersamanya.

"Kalau kita masih sibuk main gadget, anak merasa diabaikan. Kalau toh terpaksa banget ada kerjaan yang mesti di-handle, kita sampaikan sebelumnya ke anak kalau memang ada telepon atau email yang perlu dibalas saat itu karena terkait sama pekerjaan ayah atau ibunya. Kalau sekadar buka medsos, chating sama teman, ditunda dulu deh ya pas lagi sama anak," tambah perempuan yang akrab disapa Nina ini.

Kalau Bunda masih bingung harus ngapain ya karena nggak pegang gadget ketika quality time, kita bisa lakukan berbagai hal kok seperti membuat jurnal, membuat karya seni bareng keluarga, jalan-jalan keliling lingkungan rumah, berkemah di depan rumah, atau sekadar playdate di lingkungan rumah. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi