sign up SIGN UP search


moms-life

Tidur Juga Bisa Jadi 'Me Time' Buat Ibu-ibu Lho

Amelia Sewaka Jumat, 11 May 2018 07:14 WIB
Di tengah energi yang terkuras, tidur sejenak bisa jadi me time-nya ibu-ibu. caption
Jakarta - Ada orang yang berpendapat me time buat ibu-ibu nggak penting karena sok ikut-ikutan orang Barat. Hmm, yang bilang seperti ini, cobalah melihat dari kacamata seorang ibu. Me time juga nggak harus keluar rumah kok, kadang tidur sebentar saja sudah cukup.

Publik figur Herfiza yang juga istri aktor Ricky Harun adalah salah satu bunda yang merasa me time itu penting. Apalagi dirinya selain menjadi ibu dari dua orang anak, juga dosen dan pebisnis. Nah, baginya me time yang simpel dan murah banget adalah tidur.

"Tidur, buat aku udah cukup itu. Selain itu, me time buat aku adalah aku punya acara sendiri seperti ngajar misalnya atau pergi kajian sama teman-teman," kata Herfiza saat ngobrol dengan HaiBunda.




Wanita yang juga berprofesi sebagai dosen Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) ini menambahkan, ketika ia bermain atau mengurus anak juga merupakan salah satu me time-nya juga lho. Herfiza bercerita, bahwa suaminya bisa sangat mengerti ketika ia sedang me time, karena seorang istri atau ibu juga butuh waktunya sendiri.

Herfiza menambahkan suaminya adalah tipe yang ingin dekat sama keluarga jadi sebisa mungkin ketika ia sedang me time, maka Ricky Harunlah yang menemani anak-anaknya. "Dia sebisa mungkin pengen dekat sama keluarga sih bahkan kalau dia lagi kerja dan tiba-tiba anak sakit, kalau bisa izin dia pasti izin dulu untuk antar anak ke rumah sakit," tutur Herfiza.

Nggak hanya itu, sang suami juga merasa harus hadir di waktu tertentu seperti hari pertama sekolah anak-anaknya. Karena itu sang suami akan izin kerja sejak jauh-jauh hari agar bisa menemani anak-anaknya. Wah so sweet banget ya, Bun, Ayah Ricky.

Beberapa orang beranggapan me time buat istri itu cuma sekadar gaya-gayaan, buat orang kaya saja, atau kebarat-baratan. Padahal sebenarnya me time itu penting banget lho, Bun. Nggak melulu selalu mahal kok, tuh lihat Bunda Herfiza, tidur aja bisa dijadikan me time kan, selama itu bisa 'nge-charge' energi kita.

Nah, apa sih tandanya istri perlu me time? Menurut psikolog Tiga Generasi, Inez Kristanti, MPsi alarm atau tanda-tanda bahwa kita stres sehingga perlu me time itu sangat mudah dikenali.

"Ketika kita merasa sering pusing, sering capek, susah tidur atau punya kualitas tidur yang nggak bagus, padahal kita lagi nggak sakit apa-apa, dan nggak ngerjain yang berat. Nah, di situ sebenarnya badan kita udah kasih tahu bahwa kita itu sudah di batasnya," kata Inez.



Inez mengibaratkan tubuh kita seperti baterai yang habis, di mana sudah dipakai habis-habisan untuk mengerjakan berbagai macam hal, sehingga stamina juga menurun. Hal ini bisa banget dilihat kok, Bun, dari segi fisik. Bisa juga dari perilaku atau psikologis kita.

"Kalau kita sudah merasa, 'saya tuh dulu nggak begini deh'. Misal, kita baru menghadapi perubahan peran seperti baru menikah atau baru punya anak dan merasa bahwa dirinya tidak seperti ini sebelum menikah atau punya anak. Seperti yang tadinya santai sekarang jadi gampang marah," kata Inez.

Saat stres, yuk kita cari tahu penyebabnya. Lalu biar nggak uring-uringan melulu dan suami jadi pelampisan, segera komunikasikan ke suami ya. Kalau komunikasi tersumbat, bisa bikin masalah numpuk dan bikin salah paham antara kita dan suami. (aml)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi