mom-life

Ciri-ciri Orang Tua yang Kelak Anaknya Jadi Orang Sukses

Melly Febrida Selasa, 29 May 2018 07:15 WIB
Ciri-ciri Orang Tua yang Kelak Anaknya Jadi Orang Sukses
Washington DC - Sebagai orang tua tentunya kita ingin anak-anak sukses dan bahagia dengan kehidupannya. Tapi apa rahasianya ya?

Orang tua sering meminta saran dari berbagai sumber dalam membesarkan anaknya. Entah itu dari anggota keluarga, teman, ahli, buku, atau banyak lagi.

Menurut ahli parenting, kesuksesan anak itu dipengaruhi cara orang tuanya, Bun. Orang tua yang mampu mendidik anak-anaknya dengan baik, akan menghasilkan individu yang baik ketika dewasa.
Tina B. Tessina, Ph.D., seorang psikoterapis dan penulis 'How to Be a Couple and Still Be Free' memiliki beberapa ide. Ia sadar, memang tak ada satu ukuran yang cocok untuk semua pertanyaan. Tapi, pasti ada ciri-ciri yang dimiliki orang tua agar anak-anak sukses.


Berikut 9 ciri-ciri orang tua yang membesarkan anak sukses seperti dilansir Business Insider.

1. Serius Membesarkan Anak

Kita tahu membesarkan anak-anak yang sukses adalah pekerjaan orang tua, dan karena itulah kita harus serius. Untuk menjadi orang tua. Artinya apa? Kita nggak membesarkan anak sambil main-main alias tanpa belajar dan tanpa mau memahami anak.

"Pekerjaan orang tua adalah membesarkan orang dewasa yang sukses," kata Tina.

Tina menambahkan di setiap tahap, dan terutama tahun-tahun sekolah menengah, orang tua perlu mengingat anak-anak mereka perlu belajar mandiri, bertanggung jawab, memotivasi diri, dan pandai dalam berhubungan dengan orang lain.

2. Memberikan Contoh yang Baik pada Anaknya

Kita mungkin selalu bilang pada anak-anak untuk makan buah dan sayur. Kita juga minta anak-anak untuk jangan terlalu banyak menonton televisi dan main handphone. Namun apakah ini hanya sekadar perintah dari kita? Kalau iya, percayalah, Bun, ini nggak akan berhasil.

Children see, children do. Karena itu kita sebagai orang tua harus memberi contoh yang baik pada anak-anak. Kalau kita ingin anak tumbuh jadi orang baik dan sukses, maka kita juga harus memberikan contohnya. Yang lebih penting lagi adalah memberi contoh dan pemahaman bahwa hasil akhir bukan yang utama, tapi prosesnya.

"Ini tidak hanya berarti Anda perlu memiliki definisi kesuksesan, tetapi juga pemahaman tentang bagaimana mencapainya," imbuh Tina.

Ciri-ciri Orang Tua yang Kelak Anaknya Jadi Orang Sukses /Foto: Thinkstock


3. Tidak Takut Membuat Kesalahan

Manusia pasti pernah berbuat kesalahan. Nah, orang tua juga dalam mengasuh anak-anaknya pasti pernah melakukan kesalahan. Tapi salah satu ciri orang tua yang kelak anaknya sukses adalah tidak takut membuat kesalahan.

Ketika kita melakukan kesalahan dan anak melihatnya, lalu kemudian memperbaikinya bisa menjadi pelajaran hidup yang baik untuk anak-anak.

4. Tahu Cara Mendelegasikan

Pada setiap tahap perkembangannya, cobalah menyerahkan tanggung jawab yang sedikit lebih banyak kepada anak-anak Anda. Karena tanggung jawab merupakan bagian penting dari kehidupan. Karena itulah orang tua dari anak-anak yang sukses tahu cara mendelegasikan tanggung jawab pada anak-anaknya.

"Beri tugas untuk anak-anak Anda seperti minta mereka membantu Anda menyelesaikan berbagai hal di sekitar rumah atau membantu Anda dengan tugas yang sesuai. Bahkan jika bantuan itu membuat kekacauan," sambung Tina.

Tina menambahkan dengan memberikan tanggung jawab membuat anak-anak belajar bagaimana melakukan sesuatu dan memahami apa yang perlu dilakukan. "Plus, pastikan mereka tahu Anda menghargai bantuan mereka," ucapnya.

Ciri-ciri Orang Tua yang Kelak Anaknya Jadi Orang Sukses/Ciri-ciri Orang Tua yang Kelak Anaknya Jadi Orang Sukses/ Foto: Thinkstock


5. Mengajarkan Komitmen

Mengajarkan komitmen ke anak-anak itu penting, Bun. Dr Fran Walfish, seorang psikoterapis keluarga dan relasi serta penulis 'The Self-Aware Parent,' mengatakan mengajar anak-anak tentang sesuatu berkelanjutan itu sangat-sangat penting.

"Begitu berkomitmen pada keputusan, patuhlah padanya," kata Fran.



6. Mengajarkan Cara Menghargai Uang

Memberi reward pada anak tidak melulu dengan memberikan hadiah secara langsung. Terkadang juga kita perlu menahan diri untuk tidak mudah memberikan hadiah pada anak. Yuk, ajarkan pada anak untuk bekerja dan menabung lebih dulu sebelum mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

Fran menuturkan mendidik anak-anak tentang uang juga sangat penting. "Beberapa orang tua dari anak-anak yang sukses berasal dari keluarga yang sederhana sampai yang miskin. Mereka tahu bagaimana rasanya tidak bisa melakukannya atau menginginkan sesuatu yang tidak dapat dibeli," paparnya.

Hal-hal yang seperti ini membuat anak-anak jadi belajar untuk bekerja dan menghargai uang. "

7. Mengajarkan Cara Menghadapi Kekecewaan

Hidup itu penuh dengan pasang surut, dan orang tua yang membesarkan anak-anak yang tangguh menunjukkan kepada anak-anaknya semua sisi kehidupan. Iya, Bun, termasuk dalam menghadapi kekecewaan dan bangkit kembali sesudahnya.

"Satu-satunya cara mutlak untuk membangun kekuatan dalam menangani kekecewaan dan menghadapi penolakan adalah dengan mengalaminya, melaluinya, dan melihat bahwa kita bisa, menang, merasakan sisi lain, dan bertahan dari rasa sakit," jelas Fran.

Setiap kali kita mencoba bertahan dan bangkit dari keterpurukan, toleransi kita menguat. Nah, kita akan memiliki kapasitas yang lebih kuat dalam menghadapi kekecewaan yang tak terelakkan dalam hidup. Ketika anak melihat kita begitu berusaha bangkit dari keterpurukan, anak akan melihat dan kelak akan mencontohnya.

8. Tahu Bagaimana Bersenang-senang

Menjadi orang tua harus serius dalam menetapkan batasan dan aturan, termasuk juga tahu bagaimana bisa bersenang-senang dengan anak-anak kita. Karena itu, Bun, penting untuk mengajari anak-anak tentang keseimbangan antara kerja dan bermain.

"Bermain dengan anak-anak sama pentingnya dengan mengajarkan mereka berbagai hal, dan hal itu mengajarkan mereka menganai berbagai hal yang baik," terang Tina.

Batasan di sini menurut Naturalnews juga dapat berupa peraturan maupun proteksi fisik terhadap anak.

9. Memberi Banyak Cinta, Dukungan, dan Dorongan

Kunci lain dalam membesarkan anak-anak yang berhasil adalah memberi mereka banyak cinta, dukungan, dan dorongan, Bun. "Jauh lebih efektif untuk fokus pada apa yang baik daripada apa yang menjadi masalah," kata Tina.

Anak-anak akan merasa diapresiasi dan berharga saat kita turut merayakan prestasinnya. Nah, hal ini bisa membantu anak-anak dalam berjuang. "Dan pastikan mereka tahu Anda berpikir mereka dapat melakukannya dan Anda percaya pada mereka," pesan Tina.

Nah, dari sejumlah ciri-ciri itu, apakah Bunda dan Ayah memilikinya?



(nwy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi