mom-life

Quality Time Christian Sugiono dan Putranya Ini Berfaedah Banget

Amelia Sewaka Senin, 25 Jun 2018 08:51 WIB
Quality Time Christian Sugiono dan Putranya Ini Berfaedah Banget
Jakarta - Tiap orang tua punya cara quality time atau menghabiskan waktu yang berbeda-beda dengan anaknya. Dari mulai dengan cara yang simpel membaca buku bareng anak di rumah, sampai beberapa aktivitas fisik di luar rumah seperti olahraga. Ya, seperti yang dilakukan ayah dan anak, Christian Sugiono dan Juna, anak sulungnya.

Seperti yang diposting sang istri, Titi Kamal, di Instagram, aktor sekaligus pebisnis ini menghabiskan waktu bersama anak sulungnya dengan berenang. Dalam postingannys, Titi mengatakan Juna sudah makin jago renang nih.

Ternyata kepiawaian Juna berenang nggak lepas dari tiap quality time dengan ayahnya yang hampir selalu dihabiskan di pantai atau di kolam renang. Titi juga bilang mereka mrngajari Juna berenang tanpa guru renang lho. Ya, ia dan suaminyalah yang mengajarkan Juna renang.



"Otodidak aja kadang papanya kadang mamanya ajarin dia, lama-lama dia belajar sendiri, mungkin memang karena suka banget renang," tambah Titi.

[Gambas:Instagram]




Wah, sepertinya hobi sang bunda dan ayah kini menurun ke si sulung ya. Juna pun jadi suka renang.

Bicara soal quality time bareng anak, kalau kita punya anak lebih dari satu kita perlu lho punya waktu sendiri sama masing-masing anak. Jadi one on one gitu, Bun.

Memang kebersamaan itu indah. Bisa menghabiskan waktu sama anak-anak dan pasangan dengan formasi lengkap pasti terasa menyenangkan. Tapi tetap aja, Bun, dalam menghabiskan waktu sama anak, kita tetap butuh waktu berdua aja sama masing-masing anak.

"Punya anak berapapun banyaknya, butuh quality time on on one. Ini penting banget supaya dia merasa anak yang berharga, spesial," kata psikolog anak dari Tiga Generasi Anastasia Satriyo yang akrab disapa Anas waktu ngobrol sama HaiBunda.

Quality time one on one sama anak bisa si ayah sama si kakak aja atau bunda sama adik aja. Intinya, satu 'lawan' satu ya, Bun. Tapi, kalau Bunda sama Ayah mau sekalian berdua menghabiskan waktu sama salah satu anak boleh-boleh aja.



"Momen kayak gitu bikin anak merasa spesial. Justru di waktu kayak gitu, ibu merasa obrolannya sama anak lebih dalam karena segala sesuatunya diceritain secara personal," kata Anas.

Selain itu menurut psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, sebisa mungkin ketika bersama anak di rumah, kesampingkan dulu gadget dan lebih fokuslah ke anak. Kita ajak mereka bicara, menatap matanya, mendengarnya, dan bermain bersamanya

"Kalau kita masih sibuk main gadget, anak merasa diabaikan. Kalau toh terpaksa banget ada kerjaan yang mesti di-handle, kita sampaikan sebelumnya ke anak kalau memang ada telepon atau email yang perlu dibalas saat itu karena terkait sama pekerjaan ayah atau ibunya. Kalau sekadar buka medsos, chating sama teman, ditunda dulu deh ya pas lagi sama anak," tambah perempuan yang akrab disapa Nina ini. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi