moms-life

Begini Rasanya Punya 3 Anak yang Usianya Nggak Terpaut Jauh

Melly Febrida Minggu, 02 Sep 2018 11:02 WIB
Begini Rasanya Punya 3 Anak yang Usianya Nggak Terpaut Jauh
Jakarta - Suatu kali saya melihat seorang ibu yang memiliki tiga anak masih kecil-kecil. Usia anak-anaknya tidak terpaut jauh. Hmm, bagaimana rasanya ya?

Beberapa waktu lalu ada survei yang menyebut seorang ibu dengan tiga anak jauh lebih stres ketimbang ibu yang memiliki satu anak. Namun sebuah survei yang digelar todaymom.com mengungkapkan tingkat stres yang dialami ibu beranak tiga justru tidak dialami oleh ibu beranak empat atau lebih.

Nah, jika Bunda saat ini punya dua anak dengan usia yang tidak terpaut jauh, maka ada baiknya membaca lebih lanjut artikel ini. Sebab seorang bunda bernama Lauren Turner yang memiliki tiga anak kecil akan berbagi cerita tentang bagaimana rasanya punya tiga anak yang usianya tidak terpaut jauh.




1. Transisi Tidak Semudah yang Dibayangkan

Lauren bilang saat anak kedua lahir, transisi menjadi ibu dua anak cukup mengagetkan. Bagaimana ketika anak ketiga lahir? Kita memang lebih jago mengurus anak, tapi bukan berarti transisinya juga jadi lebih mudah.

Ini karena anak kita tiga, tapi tangan kita hanya dua. Meminta bantuan suami atau orang lain bisa dilakukan untuk mempermudah transisi.

Rasanya punya 3 anak usia tak terpaut jauh/Rasanya punya 3 anak usia tak terpaut jauh/ Foto: Istimewa


2. Standar Berubah

Sebagai seorang ibu, kita menetapkan standar masing-masing. Misalnya anak hanya boleh main gadget di weekend, itu pun hanya satu jam. Tapi setelah anak kita menjadi tiga, standar itu bisa saja berubah.

Ya, jangan kaget dengan hal-hal yang di luar standar ya, Bun. Kita akan terbiasa dengan hal-hal yang tidak persis seperti biasanya kita lakukan. Lauren bilang cara menghadapinya adalah dengan cepat belajar bukan dengan menyerah.

3. Lebih Sulit Meninggalkan Anak

Lauren bukan susah meninggalkan anak-anak karena mereka semua makin lengket, tetapi karena sulit meminta pertolongan teman atau keluarga untuk merawat tiga anaknya. Apalagi jika memiliki bayi.

Kalau ada budget, kita bisa saja membayar beberapa pengasuh untuk menjaga anak-anak saat harus menyelesaikan urusan di luar rumah. Atau cara lainnya adalah dengan menitipkan sementara di daycare, karena ada pula daycare yang menerima jasa pengasuhan harian.

4. Segalanya Berjalan Nonstop

Ibu tiga anak yang umurnya tak terpaut jauh/Ibu tiga anak yang umurnya tak terpaut jauh/ Foto: Thinkstock


Memiliki tiga anak kecil artinya kita harus siap menjalani aktivitas nonstop. Kata Lauren, setelah dirinya berhasil membuat kedua anak tidur, masih ada satu anak lagi yang harus dihadapi.

Tapi semuanya memang soal waktu sih ya, Bun. Ketika anak-anak lebih besar, mereka sudah bisa melakukan kegiatan sederhana untuk dirinya, mereka sudah bisa main bersama. Saat itulah sepertinya akan jadi lebih santai.



5. Semua Jadi Lebih Banyak

Saat anak sudah tiga, kita akan keluar ongkos lebih banyak saat harus naik kendaraan umum. Seorang teman dengan tiga anak memilih untuk nggak pulang kampung saat Indul Fitri karena sudah pasti akan berat di ongkos untuk beli tiket pesawat berlima.

Tapi melihat rumah begitu ramai, apalagi jika anak rukun dan kompak, memberikan kebahagiaan tersendiri. Kelak saat mereka sudah besar akan ada banyak orang yang membantu kita membersihkan rumah juga, he-he.

Ya, semua pasti ada plus-minusnya ya, punya anak sedikit ataupun banyak. Yang jelas, semua harus direncanakan dengan matang. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi