moms-life

Resep Kaliadrem, Camilan Manis Khas Bali

Zika Zakiya Selasa, 04 Sep 2018 17:00 WIB
Resep Kaliadrem, Camilan Manis Khas Bali
Jakarta - Bali bukan hanya menawarkan alam yang indah lho, Bun. Makanan khas dari Pulau Dewata juga menarik untuk dijadikan opsi camilan keluarga, salah satunya adalah kaliadrem. Ingin tahu resepnya?

Sebelum dipaparkan resepnya, ada sedikit deskripsi tentang kaliadrem nih. Camilan ini biasanya dimakan saat pagi hari sambil ditemani secangkir kopi dan teh. Rasanya gurih manis dan teksturnya sedikit liat.




Selain biasa dinikmati sehari-hari, kue ini juga merupakan salah satu pelengkap sajian di upacara hari raya Galungan. Dipasar tradisional di Bali banyak yang menjual jajanan ini, harganya pun cukup murah.

Ingin membuat sendiri kaliadrem, Bun? Yuk langsung simak bahan dan cara membuat kaliadrem yang resepnya sudah dicoba di progam Modern Moms Trans7.

Bahan:

Tepung beras
Gula merah
Garam
Kelapa parut
Air
Wijen

Cara membuat:

1. Campur tepung beras, gula merah, dan kelapa parut. Lalu aduk dengan mesin pengaduk. Jika tidak ada mesin pengaduk, bisa mengaduknya langsung dengan tangan.

2. Masukkan air sedikit demi sedikit agar tidak terlalu lembek. Aduk hingga membentuk seperti adonan roti.

3. Jika sudah mengental dan gula merahnya sudah tercampur, cetak di cetakan berbentuk segitiga. Bentuk ini adalah formasi khasnya, tapi kita bisa mencetaknya dengan bentuk yang lain.

4. Baluri wijen, lalu goreng hingga matang.

5. Jika kurang manis, bisa diberi tambahan sirup gula merah.

6. Sajikan untuk camilan keluarga.

Agar lebih jelas, simak videonya berikut ini ya, Bun:

[Gambas:Video 20detik]

(ziz)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi