mom-life

3 Tips Memilih Baju Anak

Siti Hafadzoh Sabtu, 29 Sep 2018 17:36 WIB
3 Tips Memilih Baju Anak
Jakarta - Urusan memilih baju anak kadang bikin pusing nggak sih, Bun? Dari sergi harga sudah oke, tapi bahannya nggak nyaman. Atau, menurut orang tua baju anak sudah cocok, eh si kecil ogah memakainya.

Bagi Bunda yang sering kesulitan memilih baju anak, ada tiga tips yang bisa dicoba nih dari Regina Kencana, founder 'Moon Flower'. Disimak ya, siapa tahu tips dari Bunda Regina membantu Bunda dalam mencari pakaian yang cocok buat anak.

1. Cermati Bahannya


Ilustrasi memilih baju anakIlustrasi memilih baju anak/ Foto: Getty Images
Memilih baju anak bukan soal merek dan harga aja ya, Bun. Percuma kan kalau harganya mahal tapi kualitas bahannya tidak baik. Bahan apa sih yang bagus untuk pakaian anak? Tentunya bahan yang menyerap keringat. Regina menyarankan agar mencari pakaian berbahan katun, jangan sintetis. Ketika pakaian tidak menyerap keringat, itu bisa berdampak pada perilaku anak lho. Biasanya anak akan rewel karena gatal dan gerah.

"Makanya saya cari yang 100 persen katun. Gimana cara nyarinya? Tinggal dibakar aja. Kalau dia habis dibakar, itu katun. Tapi kalau merungkul itu sintetis. Yang merungkul-merungkul itu plastik ya. Jangankan anak-anak, kita aja nggak senang kan pakai baju yang bahannya nggak enak," kata Regina.



2. Nggak Ribet

Dalam memilih baju anak, pastikan bukan yang ribet ya, Bun. Ribet di sini berarti tidak merepotkan Bunda dalam mencuci dan menyetrika pakaian tersebut. Jangan memilih baju anak dengan bahan yang sulit dicuci dan disetrika. Tidak hanya itu, Bunda juga perlu memastikan pakaian yang dipakai anak tidak membatasi geraknya.

3. Bisa Dipakai Sehari-hari

Kalau beli pakaian bagus tapi nggak bisa dipakai sehari-hari, mubazir ya, Bun? Terlebih aktivitas anak banyak, makanya lebih baik memilih baju anak yang memang sering dipakai. Boleh aja membeli beberapa baju khusus acara tertentu.

Ilustrasi memilih baju anakIlustrasi memilih baju anak/ Foto: iStock
Regina mengingatkan dalam memilih baju anak harga dan merek nggak menjamin kenyamanan pakaian. Soalnya ada beberapa merek dengan harga yang mahal tapi nggak menjanjikan nyamannya pakaian tersebut.

Dikutip dari detikcom jangan lupa juga cuci baju yang baru dibeli. Beberapa laporan menunjukkan penggunaan bahan kimia beracun dalam pengolahan pakaian dapat menimbulkan reaksi alergi dan risiko lainnya terhadap kesehatan.

Bahan kimia tidak hanya mencemari air, makanan dan obat-obatan saja, tetapi juga dapat ditemukan dalam pakaian. Terlebih pakaian dari bahan kain rayon atau serat sintetis yang umumnya dibuat dengan menggunakan bahan-bahan kimia.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi