sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Buat Kimchi Halal di Rumah

Zika Zakiya Jumat, 30 Nov 2018 12:01 WIB
Resep Kimchi yang ternama dari Korea Selatan bisa jadi menu sehat yang diketahui bisa menurunkan kadar gula darah. caption
Jakarta -

Nama Kimchi sudah pasti sering Bunda dengar saat ini. Makanan yang merupakan asinan sayur dengan bumbu pedas ini begitu tenarnya hingga dibuat dalam berbagai bentuk.

Simak saja bagaimana saat ini ada camilan dengan ragam rasa kimchi dan kesemuanya bikin penasaran buat dicoba. Nah, buat Bunda yang mau membuat Kimchi sendiri, bisa simak resep panduan dari program Semua Bisa Masak Trans TV berikut.


Bahan dasar Kimchi adalah sawi putih yang kemudian dicampur ragam bumbu dan didiamkan selama satu hari. Bagaimana cara membuatnya? Sini yuk intip bersama!


Ilustrasi kimchiIlustrasi kimchi Foto: iStock

Bahan:
1 kg sawi putih
10 gram tepung beras manis
100 gr garam kasar
1/2 sdt jahe
10 siung bawang putih
100 ml air
10 gr gula pasir
1/4 bawang bombay
25 ml kecap asin
1 sdt pasta ikan teri
50 gr Hot Pepper Flakes
1/2 lobak putih
1 buah wortel
1 batang daun bawang


Cara membuat:
1. Siapkan sawi putih, potong menjadi dua bagian. Jangan lupa sisihkan ujung batangnya dan potong bentuk kotak, lalu masukkan ke dalam mangkuk.

2. Kemudian potong wortel, iris tipis memanjang. Hal yang sama juga lakukan pada lobak, potong dan iris memanjang. Campur dengan sawi putih yang sudah ada di dalam mangkuk.

3. Masukkan air ke dalam mangkuk, tambahkan garam, dan diamkan hingga meresap.

4. Siapkan blender, hancurkan bawang bombai, bawang putih, jahe, pasta ikan teri, air secukupnya. Blender hingga halus. Pisahkan.

5. Siapkan panci, masukkan 100 ml air dan masukkan tepung beras manis. Aduk hingga ukuran air berkurang dan adonan mengental.

6. Tuang adonan ke dalam mangkuk kosong lalu campur dengan hot pepper flakes, kecap asin, gula pasir, lalu aduk hingga tercampur rata.

7. Adonan yang sudah tercampur rata campur juga dengan bumbu dari poin (4). Pisahkan.

8. Ambil daun bawang, potong menjadi empat bagian. Pisahkan.

9. Ambil sayuran yang sudah direndam garam dari poin (3) dan pisahkan ke mangkuk kering. Lalu campur dengan sambal dari poin (7). Aduk hingga rata.

10. Siapkan toples, masukkan kimchi dari poin (9) hingga penuh dan diamkan selama sehari.

11. Sesudah sehari, sajikan Kimchi di atas piring dan taburi daun bawang dari poin (8) di atasnya. Selamat menikmati.

[Gambas:Video 20detik]

(ziz/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi