sign up SIGN UP search


moms-life

Resep Tahu Bulat Cabe Garam, Digoreng Dadakan Malah Makin Enak

Zika Zakiya   |   Haibunda Jumat, 30 Nov 2018 14:25 WIB
Tahu bulat yang digoreng dadakan dan cuma Rp500an itu bisa disajikan dengan racikan cabai dan garam yang membuatnya makin gurih. caption
Jakarta -

Tahu bulat, digoreng dadakan, lima ratusan...Ini mungkin jadi tone yang sedang sering Bunda dengar di lingkungan rumah dan perkantoran. Tahu bulat menjadi salah satu menu enak buat camilan karena bentuknya yang tidak terlalu besar, gurih, dan pas disatukan dengan ragam saus, bahkan cabai.


Bunda bisa mencoba membuat tahu bulat ini di rumah dengan baluran cabe garam. Nama resep kreasi dari program Semua Bisa Masak Trans TV ini pun disebut Tahu Bulat Cabe Garam.


Bahan:
250 gram tahu putih
1 butir kuning telur
1/2 sdt garam
Bubuk bawang putih secukupnya
10 butir telur puyuh
1/2 sdt lada bubuk
1 sdt kaldu block
1/4 baking powder



5 buah cabai rawit
10 buah cabai keriting
8 siung bawang putih
1/2 bawang bombay
2 helai daun bawang
Margarine secukupnya
2 sdm minyak goreng
Gula secukupnya
Garam secukupnya


Cara membuat:
1. Siapkan mangkuk, lapisi dengan saringan lalu hancurkan tahu putih di dalamnya. Hancurkan tahu hingga ada air yang keluar darinya.

2. Ambil tahu yang sudah hancur lalu pindahkan ke mangkuk lain dan masukkan sebutir telur, 1 sdt kaldu block, 1/2 sdt garam, bawang putih bubuk secukupnya, 1/4 sdm baking powder, 1/2 sdt lada bubuk, lalu aduk menggunakan tangan sampai merata.

3. Ambil adonan dari poin (2) lalu pipihkan dan masukkan telur puyuh ke dalamnya, kemudian bentuk menjadi bulat. Lakukan terus hingga dirasa jumlah tahu sudah cukup.

4. Iris kecil cabai merah keriting, cabai rawit, bawang bombay, bawang putih, daun bawang. Pisahkan.

5. Siapkan minyak goreng dan masak tahu bulat hingga matang. Angkat, tiriskan, dan pisahkan.

6. Siapkan teflon, panaskan margarin lalu tumis bawang putih hingga matang. Lalu masukkan potongan daun bombay, cabai merah keriting, cabai rawit, garam, gula secukupnya. Tumis hingga matang.

7. Lalu masukkan potongan daun bawang, tumis sebentar lalu masukkan tahu bulat yang sudah matang. Aduk hingga rempah-rempahnya menyatu.

8. Angkat dan sajikan.

(ziz/muf)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!