mom-life

Pencegahan yang Bisa Bunda Lakukan Agar Terhindar Kanker Mulut

Amelia Sewaka Rabu, 02 Jan 2019 10:06 WIB
Pencegahan yang Bisa Bunda Lakukan Agar Terhindar Kanker Mulut
Jakarta - Sebagian besar masyarakat masih menyepelekan kebersihan mulut. Padahal, mulut juga rentan terkena penyakit lho kalau kita lalai akan kebersihannya. Salah satu penyakit yang fatal adalah kanker mulut.

Di dunia, angka kematian yang disebabkan kanker rongga mulut sangat tinggi yaitu sekitar 50 persen. Di Indonesia sendiri, jumlah penderita kanker rongga mulut tercatat 5.329 di tahun 2012 dan diproyeksikan akan meningkat 21,5 persen pada 2020 mendatang.

"Tanda-tanda awal kanker mulut dikenali dengan adanya perubahan warna, tekstur, luka yang tidak sembuh-sembuh lebih dari satu bulan. Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa dirinya menderita kanker rongga mulut, karena tidak adanya rasa sakit dan tidak mengetahui tanda-tandanya," kata Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia (ISPMI), drg Rahmi Amtha, MDS, SpPM, PhD, dalam acara Cegah Kematian Akibat Kanker Rongga Mulut dengan Deteksi Dini Lesi Pra Kanker, di DLab Cocowork, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.



Pencegahan yang Bisa Bunda Lakukan Agar Terhindar Kanker MulutFoto: ilustrasi/thinkstock
Rahmi melanjutkan, di Indonesia banyak ditemukan pasien yang mengidap kanker rongga mulut dengan lokasi kebanyakan di lidah. Kebanyakan dari mereka, kata Rahmi, tidak sadar dan tidak mengetahui tanda awal kanker mulut, sehingga baru diketahui di tahap kanker stadium lanjut.

"Selain itu, banyak pasien yang tidak tahu harus berkonsultasi dengan dokter yang tepat karena tanda-tanda kanker mulut memang tidak terlihat jelas. Hal ini terjadi karena masih rendahnya pengetahuan masyarakat dan kurangnya informasi dan edukasi," papar Rahmi.

Untuk itu, ISPMI melakukan edukasi dan sosialisasi lebih banyak lagi. Salah satunya dengan gerakan SaMuRi (Periksa Mulut Sendiri). Lewat gerakan ini, masyarakat diajarkan bagaimana melakukan pemeriksaan mulut secara mandiri dan juga menjaga kebersihan rongga mulut dengan baik.

Selain SaMuRi, Rahmi pun memberikan beberapa kiat pencegahan yang perlu diperhatikan agar Bunda dan anggota keluarga terhindar dari kanker rongga mulut. Yuk, simak bersama Bunda.

1. Hindari faktor risiko seperti merokok, minum alkohol dan menyirih.
2. Jaga kesehatan rongga mulut.
3. Melakukan pemeriksaan rutin rongga mulut, minimal 6 bulan sekali ke dokter gigi.
4. Melakukan pemeriksaan penyaring kanker mulut (velscope, biopsi)
5. Biasakan SaMuRi
6. Biasakan pola hidup dan pola makans sehat serta banyak makan makanan antioksidan seperti buah dan sayur.
7. Cermat dan waspada terhadap semua lesi atau luka dalam mulut yang mencurigakan (yang tidak sembuh lebih dari 4 minggu).
8. Segera menemui dokter gigi atau spesialis penyakit mulut bila menjumpai luka atau lesi pada jaringan lunak mullut.
9. Jangan membiasakan diri menggunakan obat-obatan yang kurang tepat apalagi terpengaruh iklan.


(aml/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi