moms-life

Cara Tepat Jaga Kebersihan Area Kewanitaan bagi Bunda yang Aktif

Annisa Karnesyia Selasa, 19 Mar 2019 19:00 WIB
Cara Tepat Jaga Kebersihan Area Kewanitaan bagi Bunda yang Aktif
Jakarta - Sering beraktivitas dan berkeringat bisa menyebabkan kelembapan pada area kewanitaan lho, Bun. Penanganan yang sesuai dibutuhkan agar tidak terjadi infeksi dan masalah kesehatan reproduksi lainnya.

Menurut dr.Dinda Derdameisya, Sp.OG, Aesthetic Gynaecologist, banyak faktor yang bisa memengaruhi kesehatan area kewanitaan terutama pada wanita yang aktif. Di antaranya faktor eksternal, internal, dan lingkungan.

"Faktor internal misalnya ketidakseimbangan hormon, pubertas, menstruasi, kehamilan, melahirkan, dan menopause. Sedangkan faktor eksternal adalah gaya hidup tidak sehat dan kebiasaan malas mengganti underwear saat tubuh berkeringat," kata Dinda dalam acara Launching Andalan Feminine Care di KAUM, Menteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini.



Keadaan lingkungan seperti kondisi cuaca yang panas dan lembap seperti di kota-kota besar di Indonesia juga bisa memengaruhi kesehatan area kewanitaan. Untuk mengatasinya, Dinda menyarankan agar wanita bisa menjaga kesehatan dan kebersihan area kewanitaan dengan tepat.

Berikut beberapa cara yang Bunda bisa lakukan untuk menjaga kebersihan area kewanitaan.

1. Selalu membasuh area kewanitaan menggunakan air bersih (basuh dari depan ke belakang)
2. Rajin mengganti underwear minimal dua kali sehari terutama saat area kewanitaan lembap.
3. Memakai underwear yang terbuat dari bahan dengan sirkulasi baik, misalnya katun, dan tidak menimbulkan iritasi
4. Jika perlu, bisa memakai produk feminine hygiene seperti sabun kewanitaan yang mengandung prebiotik dan bahan alami dengan pH balance antara 3,5 sampai 4,9.

Untuk menjaga area kewanitaan, enggak jarang wanita menggunakan rebusan air daun sirih. Menanggapi hal ini, Maharani Anindita, Brand Manager Andalan Feminine Care, mengatakan penggunaan rebusan daun sirih sejauh ini belum terbukti higienis dan bersih


[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi