moms-life

Eksklusif: Cerita Sarwendah Soal Indahnya Kehamilan Kedua

Zika Zakiya Selasa, 08 Jan 2019 12:03 WIB
Eksklusif: Cerita Sarwendah Soal Indahnya Kehamilan Kedua
Jakarta - Sarwendah sedang berbadan dua, Bun. Istri dari komedian dan presenter Ruben Onsu ini mengetahui akan memiliki anak kedua tepat di ulang tahun kelima pernikahannya, pada September 2018 lalu.

Suatu hadiah yang luar biasa ya, Bun. Tidak terkira bagaimana bahagianya Sarwendah dan Ruben Onsu mengingat sebelum kehamilan pertama, mereka sangatlah mendambakan kehadiran anak.


Kini, di kehamilan kedua, Sarwendah bercerita pada HaiBunda.com soal kondisi kehamilannya. Semoga bisa menjadi inspirasi Bunda yang juga sedang menanti si jabang bayi ya.


HaiBunda (HB): Apa kabar Mbak Wendah? Bagaimana kondisi kehamilan saat ini?
Sarwendah (SWH): Kabar baik, kondisi kehamilan baik

HB: Sudah masuk berapa pekan saat ini si bayi di dalam janin?
SWH: Sudah jalan lima bulan

HB: Bagaimana cerita soal awal kehamilan kedua ini? Sejak kapan kehamilan ini sudah direncanakan?
SWH: Sebenarnya, ini kehamilan sangat tidak direncanakan dan baru ketahuan setelah sudah dua bulan. Sungguh hadiah yang luar biasa karena ketahuannya bertepatan di anniversary pernikahan yang kelima.

Ketahuannya sebenernya ngga disengaja awalnya. Memang jadwal lagi padat banget dan aku memang ada asam lambung jadi kalau muntah-muntah, kirain asam lambung. Tapi, tiba-tiba pas ke resto lagi makan sama keluarga, aku minta air putih panas. Dan, itu kebiasaan aku waktu hamil Thalia (anak pertama Sarwendah -Red).

Pas orang tua denger 'telat' (datang bulan) langsung semangat mereka suruh tes. Padahal ngga ada kepikiran sama sekali. Besoknya pas tes, benar positif (hamil).

[Gambas:Instagram]

Hb: Apakah ada ngidam? Bagaiman peran Mas Ruben mewujudkan ngidam Mbak?
SWH: Ngidam sih yang kayak di YouTube The Onsu kita ada cerita. Ngidam rujak, tapi suami yang masak, ngidam kolak, dan kebanyakan semua suami yang masak karena kebetulan di kehamilan kedua ini, aku ngga begitu bisa mencium bau masakan.

HB: Dibanding kehamilan pertama, apa perbedaan mendasar dengan kehamilan kedua ini?
SWH: Ya perbedaannya lumayan. Hamil Thalia perjuangannya lebih karena aku pendarahan terus. Kalau hamil kedua ini memang mualnya lebih, tapi ini bisa beraktivitas normal hanya ngga bisa masak dan bangun terlalu pagi.


HB: Sewaktu kehamilan pertama, Mbak mengalami masalah kesehatan, apa hal yang sama dirasakan di kehamilan ini?
SWH: Kalau kehamilan yang kedua ini, untungnya sejauh ini semua baik dan tetap mengikuti semuanya. Minum vitamin, susu hamil, makan buah dan sayur, protein. Pokoknya semua yang bergizi buat baby-nya.

HB: Apa sudah USG? Laki-laki atau perempuan?
SWH: USG sudah, tapi ya masih kecil jadi nanti saja. Kami fokus yang penting baby-nya sehat.

[Gambas:Instagram]

HB: Di kehamilan kedua, Mba melakukan perjalanan jauh ke Dubai. Apakah ini Baby Moon?
SWH: Sebenarnya, trip Dubai sudah direncanakan lama sebelum itu karena memang sudah planning jalan-jalan dan kebetulan, suami minta izin dari kerjaan harus dari jauh hari.

Dan ketika tahu hamil, ya hal yang pertama check semua keadaan baby-nya dan syukurnya semua sehat. Setelah beberapa kali konsultasi juga sama dokter, kondisi kehamilan sih so far aman semua untuk flight. Ada dikasih segala persiapan juga untuk flight dan pertama kalinya mencoba flight saat hamil. So far, semua lancar dan baby-nya juga cooperative.


HB: Apa sih tipsnya agar ibu hamil nyaman berpelesir jauh?
SWH: Kalau aku pakai baju senyaman mungkin dan yang pasti membawa semua vitamin dan obat-obatan, dan tetep tidur di perjalanan.

HB: Menurut Mbak, apa sisi positif ibu hamil melakukan Baby Moon?
SWH: Sebenernya, saya kurang ngerti gimana Baby Moon. Tapi pas trip perjalanan, semua lumayan sangat jauh, akhirnya suami saya memberikan ide supaya istri dan baby senang tapi jangan sampai kecapean, ya pakai kursi roda pada saat jalan-jalan. Tetap bisa enjoy dan ngga kecapean.

HB: So far, bagaimana dukungan Mas Ruben di kehamilan kedua ini? Bisa diceritakan perbedaannya dibanding kehamilan kedua?
SWH: Support selalu sama dan yang pastinya selalu siaga.


HB: Overall, bagaimana dukungan Mas Ruben dalam berperan menjadi partner sebagai orangtua? Adakah momen parenting tak terlupakan antara Mbak dan Mas Ruben?
SWH: Karena aku ngga bisa bangun pagi, jadi sekarang sebelum kerja, Ayah (Ruben) yang antar Thalia setiap hari dan Bunda yang jemput Thalia.

HB: Lalu, persiapan melahirkan sendiri bagaimana? Apa sudah mulai berbelanja atau ada barang-barang Thalia yang bisa digunakan lagi?
SWH: Ya, yang pasti baju-baju warna netral yang masih ada bisa dipakai. Tapi, banyak juga baju Thalia yang udah dibagi-bagiin. Jadi, ya nanti sajalah kalau sudah bulannya baru beli-beli.

[Gambas:Instagram]

HB: Dengan akan memiliki dua anak, menurut Mbak, apa kebahagiaan terbesar menjadi seorang Ibu?
SWH: Bahagia sekali banyak yang nemenin dan yang pastinya, bahagia telah dikasih kepercayaan menjaga buah hati kami.

HB:Jika bisa dirunut ke belakang, menurut Mbak, apa yang perlu diperbaiki sebagai seorang Ibu dan bagaimana cara mengatasinya?
SWH: Saya masih banyak sekali belajar menjadi seorang ibu dan saya rasa belum ada ilmu pasti menjadi seorang ibu ataupun orang tua. Yang bisa saya lakukan adalah melakukan yang terbaik dan memberikan selalu prioritas untuk keluarga saya.


Ikut senang mendengar ceritanya ya, Bunda. Semoga Sarwendah dan bayi dalam kandungannya selalu sehat, serta dimudahkan proses persalinannya nanti.

[Gambas:Video 20detik]

(ziz/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi