moms-life

Curhat Istri Ustaz Solmed Menikmati 'Terpenjara' di Kamar Demi ASI

Muhayati Faridatun Senin, 28 Jan 2019 15:13 WIB
Curhat Istri Ustaz Solmed Menikmati 'Terpenjara' di Kamar Demi ASI
Jakarta - April Jasmine begitu menikmati kesibukan mengurus ketiga anak laki-lakinya, Sulthan (5 tahun), serta si kembar Aqil dan Mahier, yang baru berusia 8 bulan.

Rela meninggalkan dunia entertainment untuk sementara waktu, istri Ustaz Solmed ini bertekad tidak ingin melewatkan sedetik pun tumbuh kembang ketiga putranya.

"Goals-nya saya ingin menemani anak-anak sampai 1000 hari tumbuh kembang mereka dan memberi ASI eksklusif sampai dua tahun," ujar April, saat berbincang eksklusif dengan HaiBunda beberapa waktu lalu.



Nah, demi menyusui kedua anak kembarnya, April punya cerita menarik nih, Bun. Perempuan kelahiran 33 tahun silam ini mengaku sangat kewalahan sampai makan pun harus disuapi asistennya.

Terlebih, banyak yang bilang kalau anak laki-laki sangat kuat menyusu. Bahkan ada yang menyarankan April agar memberi susu formula sebagai pelengkap.

Meski begitu, April tetap bertekad memberi ASI eksklusif untuk Aqil dan Mahier. Ia terima segala konsekuensinya, termasuk hampir tidak punya waktu untuk memanjakan diri sendiri.

"Kalau boleh jujur, dari (si kembar usia) 0 - 5 bulan, saya nggak keluar kamar sama sekali. Mau ke toilet aja susah banget. Tapi, saya sangat menikmati hal itu. Sekarang, mereka sudah 8 bulan, itu jadi kenangan banget buat saya," tuturnya.

April Jasmine dan salah satu anak kembarnya/ April Jasmine dan salah satu anak kembarnya/ Foto: Marianus Harmita
Capek sudah pasti ya, Bun. Kebayang kan kita mengurus satu anak saja kadang pekerjaan lain nggak tertangani. Apalagi kalau tiga anak laki-laki. "Seru banget!" ungkap April.

April pun meyakini kalau Tuhan sudah memberikan tiga anak, dia pasti punya kekuatan untuk menjaganya. Ia selalu berusaha menyemangati diri sendiri agar bisa mendidik ketiga putranya dengan baik.

"Yang nggak punya anak aja memohon mau punya anak, seperti saya dulu. Yang nggak punya anak kembar, mungkin mau punya anak kembar karena lucu-lucu," tegasnya.


Lebih lanjut, April bercerita kalau dia harus pandai membagi waktu dan memastikan ketiga anaknya tidak kekurangan perhatian. Terlebih si sulung, Sulthan, yang terkadang merasa butuh lebih banyak perhatian dari sang bunda.

"Ya, dia pasti berpikir kalau saya perhatian banget sama adik-adiknya. Itu yang mau saya hapus dari pikiran dia. Kadang saya temani dia main atau nonton TV. Kalau di posisinya, saya mungkin akan merasakan hal yang sama," curhatnya.

April pun mengatakan, dia harus punya banyak trik dan bisa bernegosiasi dengan anak sulungnya agar semua terurus dengan baik.


Keputusan April memang tepat untuk memberikan ASI eksklusif kepada Aqil dan Mahier, serta tak ingin melewati tumbuh kembang si kembar sepanjang seribu hari pertama.

"Penting unuk memberikan nutrisi yang terbaik pada saat seribu hari pertama kehidupan bayi," ujar Dokter Spesialis Anak Dr. dr. Ariani Widodo, SpA(k), dikutip dari detikcom.

Ariani menambahkan, seribu hari pertama tersebut terhitung sejak awal kandungan hingga usia dua tahun. Ia pun menegaskan bahwa bayi yang mendapat ASI eksklusif akan cenderung memiliki IQ 11 poin lebih tinggi dibanding yang tidak mendapat ASI eksklusif.

"ASI itu mengandung antibodi, anti virus, anti parasit, kemudian mengandung nutrisi alami yang mudah diserap oleh tubuh," imbuhnya.

[Gambas:Video 20detik]



(muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi