moms-life

Cara Iriana Jokowi Biasakan Anak Mencuci Tangan

Yuni Ayu Amida Kamis, 07 Feb 2019 20:04 WIB
Cara Iriana Jokowi Biasakan Anak Mencuci Tangan
Jakarta - Mengajarkan anak untuk mencuci tangan sejak dini itu penting lho, Bun. Seperti yang dilakukan istri presiden Jokowi, Iriana Jokowi baru-baru ini di Sumedang, Jawa Barat.

Dikutip dari detikcom, Ibu Iriana Jokowi mengajak ratusan siswa SDN Tanjungsiang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, untuk terbiasa mencuci tangan sebelum makan. Kegiatan edukasi membersihkan tangan ini sebagai salah satu upaya menjalani pola hidup sehat.


"Saya harap tidak hanya di sini saja. Semua bisa mencuci tangan (bersih)," tutur Ibu Negara ini.


Di hadapan anak-anak SD tersebut, Iriana dan istri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mufidah Jusuf Kalla, mempraktikkan gerakan mencuci tangan pakai sabun yang baik dan benar. Ratusan anak lelaki dan perempuan SD itu tampak bahagia saat mengikuti arahan tersebut, sambil diiringi nyanyian dan tarian 'Cuci Tangan'.

Nah Bun, menerapkan kebiasaan mencuci tangan, terutama cuci tangan pakai sabun pada anak itu sangat dianjurkan. Senada dengan pendapat Ketua Penggerak PKK Nasional, dr Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, bahwa mencuci tangan adalah salah satu contoh perilaku hidup sehat dan bersih.

"Mencuci tangan merupakan kebiasaan yang bagus, apalagi jika ditanamkan sejak dini. Itu merupakan salah satu perilaku PHBS atau Perilaku Hidup Sehat dan Bersih. Semua berawal dari bersihnya cuci tangan," ucap dr Erni.


Selain itu, mencuci tangan juga banyak manfaatnya lho. Seperti penjelasan dr Imran Agus Nurali SpKO dari Ditjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes, mencuci tangan bisa menurunkan penyakit diare hingga 45 persen. Ditambah lagi, mencuci tangan bisa mengurangi penyakit menular sebanyak 90 persen.

"Selain mencegah penyakit diare, ada juga mencegah penyakit lain seperti kecacingan, infeksi paru-paru, hepatitis, tifoid dan penyakit lainnya yang menular lewat tangan. Hal ini bisa dicegah hanya dengan perilaku sederhana cuci tangan," terang dr Imran. (yun)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi