mom-life

Tips Sukses Tike Priatnakusumah Turunkan Berat Badan 25 Kg

Yuni Ayu Amida Jumat, 15 Feb 2019 10:00 WIB
Tips Sukses Tike Priatnakusumah Turunkan Berat Badan 25 Kg
Jakarta - Lama tak terdengar kabarnya, artis Tike Priatnakusumah telah berhasil menurunkan berat badannya. Selama kurang lebih enam bulan, wanita 41 tahun ini menurunkan beratnya hingga 25 kg. Wow!

"Dari 103,6 sekarang 78 kg," tutur artis yang namanya melejit lewat variety show Extravaganza di Trans TV, dikutip dari detikom.


Tentang bagaimana cara menurunkan berat badan tersebut, ibu satu anak ini mengaku rutin konsultasi dengan dokter gizi. Pola makannya pun menjadi sangat teratur.


"Aku kebetulan memamg konsultasi sama dokter gizi, jadi memang sangat diperhatikan asupannya, jenisnya, jumlahnya, sama jadwalnya tuh harus teratur banget," tutur wanita kelahiran Bandung ini.

"Sehari makan 6 kali. Dari pagi jam setengah 9 tuh makannya roti, jam 10 makan buah, jam 12 makan siang biasa. Jam 3 makan buah, jam 6 makan malam, jam 9 dikasih makan roti," sambung Tike.

Pada kesempatan yang sama, artis Gracia Indri juga mengatakan bahwa untuk menjaga berat badan ideal, dia harus giat berolahraga. Apalagi ketika liburan, dia mengaku tidak mengontrol pola makannya. Jadi, saat pulang liburan, harus lebih rutin lagi berolahraga.

"Saat liburan, emang pasti lumayan gila-gilaan makannya sih, tapi emang udah tahu konsekuensinya, kan susah ya sampai ke titik ini. Jadi, konsekuensinya udah tahu harus olahraga ketika pulang dari liburan dan agak sedikit jor-joran, lebih keras lagi untuk ngebuang lemaknya," ucap wanita 29 tahun ini.

Menurut ahli nutrisi, Lisa Drayer, dalam menurunkan berat badan, peran olahraga ternyata tidak terlalu besar jika dibandingkan pemilihan asupan makanan. Bukan artinya olahraga tidak penting, olahraga tetap penting karena bisa mencegah gangguan jantung, hipertensi, diabetes serta memperbaiki mood.

"Semua yang dimakan berdampak besar dalam usaha penurunan berat badan. Namun, bukan berarti olahraga tidak penting bagi kesehatan. Olahraga penting untuk membangun kekuatan, massa otot, dan fleksibilitas," jelas Drayer, seperti dilansir detikcom.

Menurut Drayer, jumlah asupan kalori kerap lebih besar dibanding yang digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Akibatnya, kalori menumpuk sehingga berat badan tidak kunjung turun.


Riset dari Harvard Medical School menyatakan, jalan selama 30 menit dengan kecepatan 6,4 kilometer per jam dapat membakar sekitar 200 kalori. Jumlah kalori ini lekas kembali ke tubuh hanya dengan makan 4 biskuit cokelat, 1,5 scoop es krim, atau kurang dari 2 gelas minuman anggur.

Olahraga lain yang dapat membakar 700 kalori bisa terganti hanya dengan sepotong kue atau minuman kemasan. Dengan riset ini, Drayer menyarankan untuk mengatur pola makan bila ingin menurunkan berat badan.

[Gambas:Video 20detik]



(yun)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi