mom-life

Curhat Mark Sungkar saat Melepas Dua Anak Perempuannya Menikah

Yuni Ayu Amida Senin, 18 Mar 2019 17:31 WIB
Curhat Mark Sungkar saat Melepas Dua Anak Perempuannya Menikah
Jakarta - Ketika seorang ayah ditinggal anak gadisnya menikah, pasti rasanya bercampuk aduk ya, Bun. Perasaan bahagia dan sedih juga dirasakan Mark Sungkar ketika melepas Shireen Sungkar dan Zaskia Sungkar untuk menikah dengan pilihan hatinya.

Pria yang pernah menjadi sutradara ini mengaku sedih ketika harus melepas anak gadisnya menikah. Hal ini baru terungkap saat Mark ditodong pertanyaan oleh putri keduanya, Shireen Sungkar. "Papa gimana perasaanya melepas anak-anak gadisnya menikah semua?" kata istri Teuku Wisnu ini seperti dikutip dari vlog The Sungkars Family.


"Aduh sedih," jawab mantan suami Fanny Bauty ini seraya menutup wajanya.


Kakek 70 tahun ini pun mengatakan ada dua perasaan yang dia rasakan. Pertama, ketika anaknya dilamar, ia merasa sedih karena akan kehilangan. Namun saat anaknya menikah perasaan tersebut berubah menjadi lega.

"Waktu nikah beda lagi perasannya, itu semua beban lepas, semua tanggung jawab ini kata orang Sunda, hok mere, diserahkan ke mantunya. Orang tua itu menyerahkan ke laki-laki seluruh tanggung jawab orang tua, bapak terutama, itu ada di pundaknya suami. Jadi di satu sisi kehilangan perasaan, anak, tapi juga kehilangan beban, tanggung jawab." tutur Mark.

Perasaan sedih seorang ayah saat putrinya menikah ini pastinya juga berkaitan dengan kedekatannya dengan sang putri ya, Bun. Menurut profesor filsafat di Eastern Kentucky University, Michael Austin, pengaruh seorang ayah dalam kehidupan putrinya membentuk harga diri, citra diri, kepercayaan diri, dan pandangannya terhadap pria. Artinya tipe pria yang dipilih seorang wanita untuk hubungan jangka panjang secara langsung berkaitan dengan hubungan yang dimilikinya dengan ayahnya. Itu sebabnya seorang ayah harus memperlakukan putrinya dengan baik.

"Anak perempuan akan melihat apa yang ayah mereka yakini tentang wanita dengan cara mereka menghargai dan menghormati wanita," tutur Autin dilansir She Knows.

Selain itu, mengulas dari Daily Hunt, berikut ini beberapa perasaan yang dirasakan seorang ayah ketika putrinya menikah.

1. Bahagia

Tidak mudah berpisah dengan orang yang paling dicintai. Tetapi, melihat putrinya bergerak menuju awal baru kehidupannya, seorang ayah lupa tentang rasa sakit ini, ia akan dipenuhi dengan sukacita.

2. Sulit membayangkan hidup tanpa sang anak

Selama bertahun-tahun, tawanya menghibur seluruh rumah. Tapi, sekarang sang anak akan menikah, seorang ayah akan merasa sulit membayangkan hidup tanpa anaknya. Tidak peduli seberapa kuat seseorang, pemikiran yang satu ini cukup untuk membuat hati setiap ayah terasa berat.

3. Memikirkan ada dua pria dalam hidup anaknya kini

Memberikan putrinya kepada seorang yang hampir dia tidak kenal atau mungkin baru saja bertemu mulai sedikit mengusik malamnya. Dalam hatinya, ayah menginginkan agar pria baru dalam kehidupan putrinya harus menjaga sang putri tetap aman dan bahagia seperti dirinya.


4. Ayah tidak pernah benar-benar 'memberikannya'

Meski tanggung jawab terhadap sang putri sudah berada di tangan suaminya. Namun ayah tidak akan benar-benar meninggalkan putrinya. Ia akan tetap memerhatikan putrinya dan selalu siap jadi pelindung saat putrinya membutuhkan.

[Gambas:Video 20detik]



(yun/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi