mom-life

Pilihan Perabot Rumah Tangga Terkait Kesehatan Keluarga

Selasa, 19 Mar 2019 15:36 WIB
Pilihan Perabot Rumah Tangga Terkait Kesehatan Keluarga
Jakarta - Bunda tahu enggak bahwa pemilihan perabot atau peralatan rumah tangga yang tidak tepat bisa mengantarkan keluarga gagal menerapkan pola hidup sehat? Psikolog Vera Itabiliana mengungkapkan, banyak penelitian mencatat banyak ibu rumah tangga yang stres akibat pekerjaan rumah tangganya berantakan.

Hal ini disebabkan peralatan rumah tangga yang tidak efisien waktu dan biaya. Dampaknya pun ke mana-mana, Bun. Dengan peralatan rumah tangga yang tidak efisien, Bunda tidak bisa mengajak si kecil bermain dan berolahraga.

Jadi, keluarga turut kena imbasnya yakni tidak bisa mengaplikasikan pola hidup sehat. Menurut Vera, pola hidup sehat bisa dijalankan jika didukung lingkungan yang tepat.



"Untuk bisa menjalankan pola hidup sehat, lingkungan di sekitar harus bisa mendukung dan memantik motivasi sehingga kebiasaan baru segera terbentuk. Lingkungan tersebut tidak harus keluarga, pasangan atau teman, tetapi juga sumber daya yang lain seperti peralatan rumah tangga," ujar Vera di acara Media Gathering Bersama Beko Indonesia di Greenhouse Kuningan, Jakarta, baru-baru ini.

Ilustrasi pekerjaan rumah tanggaIlustrasi pekerjaan rumah tangga/ Foto: thinkstock
Ia juga mengungkapkan dengan pemilihan peralatan rumah tangga yang tepat, Bunda bisa memiliki waktu luang lebih banyak bersama keluarga.

"Misalnya, dengan menggunakan peranti yang multifungsi, berteknologi mutakhir dan mudah digunakan, pekerjaan rumah tangga bisa cepat selesai sehingga ada waktu luang lebih banyak," lanjut Vera.

Ketika Bunda punya banyak waktu luang, coba ajak si kecil berolahraga. Pasalnya, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan agar anak-anak berolahraga setidaknya 60 menit setiap hari. Bukan berarti 60 menit terus-terusan bergerak, tapi akumulasi dari berbagai gerakan.


Misalnya, Bunda bisa menjadwalkan anak main game atau menonton TV selama 30 menit. Setelah itu, ajak si kecil jalan-jalan di area halaman rumah. Bahkan,
Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan National Health Service (NHS) mengatakan setidaknya tiga hari dalam seminggu anak-anak perlu melakukan latihan penguatan otot seperti senam dan memanjat. Ajak juga anak melompat dan berlari untuk memperkuat tulangnya.

Berolahraga bersama si kecil bisa bunda lakukan jika memilih peralatan rumah tangga yang tepat. Misalnya, menggunakan mesin cuci Beko yang bisa menghemat waktu mencuci bahkan menyetrika karena dapat mengurangi kerutan pada pakaian.
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi