sign up SIGN UP search


moms-life

Cita Harmoni, Sekolah Montessori dengan Workshop untuk ART

Zika Zakiya Senin, 01 Apr 2019 17:31 WIB
Sekolah dengan metode montessori di bilangan Bogor, Jawa Barat, ini memberi pembekalan pada ART dan pengasuh agar potensi anak bisa berkembang optimal. caption
Jakarta - Sekolah dengan metode Montessori sudah dikenal mampu menerapkan kemandirian pada anak. Dalam pelaksanaannya, Montessori juga melibatkan peran orang di sekitar anak untuk membangun lingkungan yang mendukung penerapan.

Sadar atau tidak, salah satu pihak yang masuk dalam lingkungan terdekat anak adalah Asisten Rumah Tangga (ART) atau pengasuh. Merekalah yang dipercaya menjaga buah hati Bunda di rumah.


Uniknya, salah satu sekolah dengan metode Montessori, Cita Harmoni, turut memberikan workshop untuk ART dan pengasuh. Dikatakan Kepala Sekolah Cita Harmoni, Anggiasthira Annisa, cara ini memang sengaja dilakukan untuk pembekalan.


Cita Harmoni, Bogor, JabarCita Harmoni, Bogor, Jabar Foto: Cita Harmoni

"Tujuan untuk Workshop Babysitter/ART adalah untuk memberikan pembekalan kepada orang-orang yang berada di lingkungan anak," kata Anggiasthira kepada HaiBunda.

Cita Harmoni yang terletak di Bogor, Jawa Barat, ini sudah dua kali melaksanakan workshop untuk ART dan pengasuh. Dan, ini juga menjadi salah satu program kepedulian sekolah terhadap anak-anak didiknya.

"Kalau manfaat yang didapat oleh pesertanya, saya sempat tanyakan langsung. Mereka senang mengikuti workshop ini dan dapat pengetahuan baru untuk gimana ke anak yang diasuhnya," tegas Anggiasthira.


Cita Harmoni sendiri menerapkan metode Montessori yang dipadukan dengan Active Learning. Saat HaiBunda berkunjung ke sana, kami dipaparkan dengan lingkungan sekolah terbuka tapi dengan ruang kelas yang penuh perangkat kemandirian.

Empat ruang terbuka yang ada dibentuk sedemikian rupa sebagai playground dan tempat mengenal hewan, mulai dari ikan, marmut, hingga ayam. Belum lagi adanya ekstrakurikuler seperti Baby Yoga, kelas calistung, dan agama.

Cita Harmoni, Bogor, Jawa BaratCita Harmoni, Bogor, Jawa Barat /Foto: Cita Harmoni

"Kami ingin mewujudkan lingkungan yang menyenangkan sehingga anak dapat bereksplorasi dalam pengembangan potensinya. Anak juga bisa berkembang secara jasmani, rohani, dan holistik," papar Anggiasthira yang merupakan lulusan Bachelor of Arts in Early Childhood Education, Macquarie University, Sydney, Australia ini.

Montessori yang diterapkan dengan mempertimbangkan keterlibatan ART dan pengasuh ternyata cukup menarik ya, Bunda. Pihak-pihak ini nyatanya memang berperan besar dalam perkembangan si kecil di rumah.

[Gambas:Video 20detik]

(ziz/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi