mom-life

Keren! Usia 4 Tahun, Anak Bungsu Widi Mulia Sudah Jago Bermusik

Annisa Karnesyia Kamis, 04 Apr 2019 20:27 WIB
Keren! Usia 4 Tahun, Anak Bungsu Widi Mulia Sudah Jago Bermusik
Jakarta - Bakat bermusik Widi Mulia menurun pada ketiga anaknya lho, Bun. Setelah sebelumnya kedua anak Widi, Dru Prawiro Sasono (10) dan Widuri Putri Sasono (8) terjun ke dunia musik, kali ini giliran si bungsu Den Bagus Satrio Sasono yang unjuk bakat.

Den Bagus yang kini berusia empat tahun memang sering ikut kakak-kakaknya bernyanyi. Tapi, Widi enggak pernah menyangka kegiatan menyanyi akan disenangi anak bungsunya itu.

"Itu buat aku excited banget sih, karena memang sebelumnya enggak menyangka kalau anakku yang ketiga bisa seserius itu," kata Widi, dikutip InsertLive.


Kemauan si kecil Den Bagus untuk bermusik sempat membuat Widi ragu. Mengingat usia Den Bagus yang masih kecil. Ketika serius berlatih, Widi khawatir Den Bagus justru bete dan menangis.

"Aku takutnya pas dia main, terus dia nangis, tapi ternyata enggak. Lalu waktu sudah aku latih drum, dia nanya lagi, 'aku nyanyinya kapan?', aku tanya dia jadi mau main drum apa nyanyi, eh katanya dia mau keduanya, dan dia senang," ujar Widi.

Potensi bermusik si bungsu memang sudah disadari Widi dan sang suami, Dwi Sasono sejak lama. Ia menceritakan kemampuan Den Bagus yang sejak kecil sudah mampu menyebutkan dan menyanyikan melodi apapun yang dia dengar, sampai akhirnya tertarik dengan alat musik pukul.

Anak Widi MuliaAnak Widi Mulia/ Foto: Instagram @widimulia

Berawal dari situ, Dwi mulai memberi media untuk anaknya belajar musik. Mulai dari panci-panci yang di set up, drum set mainan, sampai sekitar sebulan lalu, Den Bagus akhirnya mulai serius memiliki guru musik.

Widi mengaku, punya tiga anak dengan bakat seni terjadi dengan sendirinya. Menurut Widi, sering mengajak anak-anak saat syuting dan perform, membuat potensi bermusik ketiga anaknya muncul tanpa harus diarahkan.

"Sebenarnya mereka sudah menyerap sendiri. Aku suka latihan sendiri, terus kalau manggung mereka diajak. Jadi mereka seperti hidupnya sudah ada di dunia kesenian ini," tutur Widi.

Lebih lanjut, Widi memberikan tipsnya bagi orang tua untuk membantu anak memaksimalkan bakatnya. Perempuan 39 tahun ini meminta agar orang tua bisa memberi kebebasan dan ruang agar bakat anak bisa terealisasikan.

"Kalau boleh berbagi, jika anak-anak punya bakat dan penasaran ingin melakukan sesuatu, bisa kita wujudkan itu di panggung. Nanti akan jadi energi yang kuat dan membuat anak berlatih lebih. Karena rasanya disambut orang itu bisa bikin ketagihan," ungkap Widi.


Mengembangkan potensi bermusik pada anak memang harus didukung oleh orang tua seperti yang dilakukan Widi dan Dwi Sasono, Bun. Menurut pendidik dan pianis dari Amerika, Dr. Doreen Fryling, Ed.D, menggali bakat musik anak bisa dilakukan secara spontan oleh orang tua.

"Mulailah membuat musik sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari. Dengan begitu, musik bisa menjadi bagian dari hidup anak dan secara spontan bisa jadi hal yang disukai anak-anak," ujar Fryling, dilansir Kinder Musik.

Untuk anak yang masih kecil, membuat musik sama artinya dengan belajar bernyanyi. Anak kecil yang belum bisa bicara lancar akan mulai mengikuti suara-suara dan belajar bicara dari belajar menyanyikan sebuah lagu.

Mengutip Child Development Info, bakat anak harus terus dikembangkan oleh orang tua. Bunda perlu mengenalkan berbagai bidang pada anak sejak kecil termasuk bidang musik, melukis, dan menyanyi. Usakan beri pengetahuan anak mengenai alat-alat musik dan fungsinya.

Jika musik adalah salah satu kesukaannya, Bunda bisa bantu dengan mendaftarkan anak ke kursus musik untuk mengasah bakatnya. Saat anak mencoba mengembangkan bakatnya, jangan lupa beri pujian dan motivasi ya, Bun.



[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi