mom-life

Moderator Debat Tomy Ristanto Isi Waktu Luang dengan Kegiatan Produktif

Asri Ediyati Rabu, 17 Apr 2019 07:02 WIB
Moderator Debat Tomy Ristanto Isi Waktu Luang dengan Kegiatan Produktif
Jakarta - Tiap orang tentu punya cara untuk memanfaatkan waktu luangnya. Ada yang memilih untuk beristirahat, liburan, dan lain sebagainya. Moderator debat pamungkas pilpres 2019, Tomy Ristanto punya cara sendiri untuk memanfaatkan waktu luang meski sehari-hari dipadatkan dengan berbagai aktivitas, Bun.

Saat HaiBunda berbincang dengan Tomy, ia bilang setidaknya punya dua hari untuk memanfaatkan waktu luangnya.

"Walaupun 24 jam jadi jurnalis enggak bisa santai tapi tetap ada hak libur dua hari. Hari pertama saya gunakan untuk istirahat, tidur. Sore bisa ketemuan dengan teman, keluarga," ujarnya.


Hari kedua, Tomy biasanya melakukan staycation, bisa juga mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi.

Moderator Debat Tomy Ristanto Isi Waktu Luang dengan Kegiatan ProduktifFoto: Instagram
"Itu bisa diselingi me time yaitu baca, jadi satu buku satu bulan itu wajib bagi saya. Kemudian, biasanya saya gunakan juga untuk job, bukan pekerjaan sampingan tapi melatih keterampilan, datang ke forum," kata Tomy.

Kata Tomy Ristanto penting untuk datang ke forum atau acara seminar karena bisa memperluas jaringannya.

"Walaupun itu acara serius, saya gunakan untuk leisure time, saya sering jadi public speaker acara-acara kampus, bagaimana pun dunia saya itu dunia ngomong, menanamkan kepercayaan diri depan orang. Sekarang alhamdulillah bisa," kata pria asal Lampung ini.

Tomy juga cerita kalau olahraga favoritnya adalah bulutangkis meski beberapa kali sering on off. Kemudian, olahraga lainnya adalah lari, simpel dan enggak butuh partner seperti main bulutangkis.

"Saya suka banget dengan filosofi lari itu sendiri. Kalau lari mau mencapai garis finis harus cepat kan? Seperti kehidupan, kalau kita ingin capai sesuatu itu untuk harus usaha. Kita harus mengerahkan seluruh kemampuan kita untuk mencapai mimpi," tutur Tomy.

Wah, bisa kita tiru juga nih, Bun, bagi kita yang perempuan bisa datang ke forum bermanfaat atau seminar supaya banyak networking seperti saran Tomy. Apalagi jika kita butuh ilmu, mungkin seputar pola asuh anak, rumah tangga, atau bahkan seminar tentang kehamilan.


Selain itu perlu diketahui, 'me time' itu penting dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kewarasan Bunda, baik yang bekerja maupun di rumah. Bunda tentu merasakan, menjadi seorang ibu merupakan suatu kehormatan dan keluarga tentu menjadi pusat dunia kita.

Dalam buku yang berjudul How to Enjoy Your Life and Your Job, Dale Carneige menyarankan supaya ibu bekerja bisa menikmati hari-harinya jadi lebih menarik dan bermanfaat.

Dikutip dari Amazon, berikut caranya:

1. Buat rekan kerja merasa penting dan lakukan pekerjaan dengan tulus.
2. Hindari ketegangan yang tidak perlu agar hemat energi untuk mengerjakan tugas penting.
3. Ubah tugas rutin jadi peluang yang membuat kita lebih bersemangat.
4. Selesaikan banyak hal, lalu lakukan hal yang membuat kita senang.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi