mom-life

Cara Jitu Menghilangkan Noda di Talenan Kayu dan Plastik

Asri Ediyati Jumat, 26 Apr 2019 11:03 WIB
Cara Jitu Menghilangkan Noda di Talenan Kayu dan Plastik
Jakarta - Jika Bunda suka masak, rasanya talenan enggak bisa absen dari kegiatan di dapur. Namun, perlu kita ketahui bahwa menjaga kebersihan talenan itu sangat penting, Bun. Apalagi jika Bunda memiliki talenan kayu.

Talenan kayu bisa jadi tempat tinggal bakteri berbahaya karena mungkin Bunda pernah memotong daging dan ikan mentah. Bakteri merugikan antara lain, E.coli, Salmonella, aReaders' Digesttau Staphylococcus. Demikian dikutip dari .

Enggak cuma talenan kayu, bagi Bunda yang punya talenan plastik juga harus dipastikan selalu dalam keadaan bersih. Terlebih, noda membandel pada talenan plastik lebih kelihatan.


Nah, untuk menghilangkan noda di talenan kayu dan plastik, yuk simak cara berikut.

Cara Jitu Menghilangkan Noda di Talenan Kayu dan PlastikFoto: Istock

Talenan kayu


1. Segera bilas setelah digunakan

Dilansir Food Network, sebuah studi menunjukkan bahwa pembilasan sebelum pencucian dapat menghilangkan bakteri. Akan tetapi pastikan jika Bunda membilas seluruh permukaan, apalagi setelah talenan digunakan untuk memotong daging. Bilas dengan air mengalir, jangan direndam karena talenan kayu itu berpori.

2. Disinfeksi dengan 3 persen hidrogen peroksida

Tuang hidrogen peroksida di atas papan, lap dengan spons bersih. Diamkan selama beberapa menit karena akan membunuh kuman. Lalu bersihkan kembali dengan spons bersih.

3. Hapus noda dengan garam kasar atau soda kue

Keringkan papan talenan sepenuhnya dan taburkan sedikit garam atau soda kue. Gosok noda menggunakan spons atau sikat yang dicelupkan ke dalam air panas. Atau, untuk menghilangkan noda secara ekstra, gunakan setengah lemon untuk menggosoknya. Asam pada lemon memberikan soda kue atau garam menjadi ekstra kuat.

4. Menghilangkan bau dengan cuka putih

Talenan kayu rentan bau. Untuk itu, sediakan botol semprot berisi cuka putih dan semprotkan talenan. Cuka akan menetralkan bau dan bekerja sebagai disinfektan alami.

5. Sanitasi dengan pemutih

Tambahkan satu sendok teh pemutih ke satu liter air. Tuang larutan di atas papan. Diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air panas.
Cara Jitu Menghilangkan Noda di Talenan Kayu dan PlastikFoto: Daily Mail/iStock

Talenan Plastik


1. Hilangkan noda dengan soda kue dan lemon

Tahap pertama sama dengan talenan kayu, bilas talenan plastik dengan air. Lalu potong jeruk nipis atau lemon menjadi dua. Taburkan baking soda (soda kue) di atas talenan. Tunggu kurang lebih sepuluh menit, noda akan mulai hilang.


2. Hapus noda yang tersisa dengan cuka

Asam cuka menambah sifat abrasif sehingga bisa menghapus sisa noda secara kimiawi. Bunda akan perlahan melihat talenan plastik makin bersih setelah penambahan cuka, jangan lupa untuk terus digosok menggunakan lemon.

3. Tuntaskan dengan sabut besi

Sabut besi akan mengikis noda secara mekanis, noda membandel lambat laun akan hilang setelah beberapa kali gosokan. Pastikan Bunda menggosok juga bagian pinggir talenan, jangan bagian tengahnya saja.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi