moms-life

Tips Membuat Play Ground Sendiri agar Si Kecil Betah Main di Rumah

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 28 Apr 2019 13:01 WIB
Tips Membuat Play Ground Sendiri agar Si Kecil Betah Main di Rumah
Jakarta - Sudah sering dengar ya, Bun, kalau punya anak kecil rumah bakalan susah rapi. Mainan anak jadi bertebaran di berbagai ruangan. Membuat kita jadi enggak nyaman, karena terlihat berantakan.

Tetapi, melarang anak untuk bermain sebebas mungkin di rumah pun bukan solusinya. Nah, untuk menyiasati hal tersebut, memiliki area playground di rumah bisa dipertimbangkan lho, Bun

Menyiapkan area khusus bermain, akan membuat anak-anak berkreasi dengan permainan yang dimilikinya, Bun. Ruangan lainnya di sekitar rumah pun jadi terbebas dari berantakan, karena mereka memiliki lahan sendiri untuk meluapkan hasrat bermainnya.



Bunda hanya perlu menyediakan satu kamar kosong dan melengkapinya dengan beragam permainan yang menarik. Berikan mainan yang dapat merangsang tumbuh kembang mereka sekaligus untuk menciptakan kesenangan anak-anak.

"Dalam menciptakan playground sebaiknya permainan yang disediakan dapat merangsang perkembangan anak-anak", seperti dikatakan Kenneth Kutska, seorang ahli playground safety, dikutip dari The Strait Times.

Tips Membuat Play Ground Sendiri agar Si Kecil Betah Main di RumahTips ciptakan ruang bermain di rumah/ Foto: iStock

Selain permainan, desain ruangan juga menjadi hal penting untuk dipersiapkan, Bun. Bunda dapat menyediakan berbagai jenis permainan yang membantu mereka memahami dunia di sekitar mereka. Hal itu juga dapat membantunya menguasai keterampilan hidup, seperti dikutip dari laman Playground Ideas.

Selain itu, penting juga lho, Bun, untuk menyediakan mainan-mainan yang mengasah kreativitas mereka. Apalagi, anak-anak cenderung kreatif dan tak berbatas sehingga mainan yang mendukung kreativitas anak sangat penting tersedia.

Oh ya, Bun, guna mendukung kenyamanan bermain buah hati, Bunda juga dapat mendesain ruangan dengan warna, bentuk, dan tekstur yang menarik. Sebab, anak-anak layak mendapatkan tempat bermain yang indah, Bun.


Meski ruangan tersebut tentunya akan terlihat berantakan dan kacau setelah mereka bermain di dalamnya tidaklah menjadi masalah, Bun. Ingat, tujuan dari area bermain anak yakni untuk menyediakan mereka ruang bermain dan bukan hanya area yang cantik semata.

Nah, sudah terpikir kan, Bun, ingin mendesain seperti apa area playground di rumah untuk buah hati? Selamat mencoba, Bun. (rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi