mom-life

Berhubungan Intim Tiap Hari, Apa Dampaknya bagi Sperma?

Melly Febrida Rabu, 01 May 2019 19:30 WIB
Berhubungan Intim Tiap Hari, Apa Dampaknya bagi Sperma?
Jakarta - Melakukan 'ehem' alias bercinta setiap hari memang bisa menurunkan jumlah sperma. Tapi jangan khawatir, Bun karena jumlah sedikit bukan berarti tak bisa hamil.

Hal ini disampaikan Aaron Spitz, ahli urologi dan penulis The Penis Book: A Doctor's Complete Guide to the Penis. Menurut Spitz, hal tersebut tidak memperlambat produksi sperma.




"Berhubungan seks rutin akan memberi keuntungan untuk pasangan suami istri yang mencoba hamil. Menariknya, ketika seorang pria sering berejakulasi, meskipun jumlahnya menurun, kualitas sperma bisa meningkat karena sperma itu belum menunggu terlalu lama," kata Spitz dilansir Huffington Post.

Ilustrasi sperma/ Foto: iStock
Sama halnya dengan yang disampaikan Samuel Wood, Direktur Kesehatan The Reproductive Sciences Center, California. Menurutnya, berhubungan seks sebaiknya serutin mungkin, terutama di masa-masa subur. Namun, bukan artinya harus setiap hari dan berkali-kali, karena bisa berdampak pada menurunnya kualitas sperma.

s


"Jika bermaksud untuk hamil, bercinta berkali-kali dalam sehari atau setiap hari, akan membuat sperma ibaratnya kelelahan," ujar Wood.

Tapi, para ahli menyarankan agar tidak melakukan hubungan seks lebih dari sekali setiap hari. Ya Bunda, kelihatannya lebih sering bercinta bisa meningkatkan peluang hamil. Tapi, sebenarnya justru dapat menurunkan jumlah sperma yang sehat.

"Yang terpenting bukan tentang seberapa seringnya, melainkan berhubungan seks baiknya di waktu yang tepat, yakni pada masa subur. Jadi, wanita harus tahu juga kapan masa subur tersebut," kata Wood.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi