Sign Up search

mom-life

4 Cara Memancing Gairah Bercinta Usai Melahirkan

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 04 May 2019 18:30 WIB
4 Cara Memancing Gairah Bercinta Usai Melahirkan
Jakarta - Sempat vakum bercinta setelah persalinan kerap membuat gairah bercinta melempem. Enggak jarang, sesi bercinta pun jadi garing karena gairah tak sepanas dulu ya, Bun.

Memanaskan kembali gairah bercinta setelah persalinan memang penting dilakukan. Tidak saja untuk merajut kembali keintiman yang sempat tertunda tetapi juga demi menikmati 'ehem' bersama Ayah.


Lalu, kapan waktu yang tepat untuk kembali bercinta pascapersalinan? Menurut para ahli, enam bulan setelah melahirkan disebut sebagai waktu yang tepat untuk memulai kembali, Bun. Pada masa ini, pemulihan pada rahim ataupun bekas jahitan dirasa cukup aman untuk melakukan pergerakan.


"Serviks umumnya tidak menutup sepenuhnya selama sekitar enam minggu. Jadi, sampai waktu tersebut, tetap ada risiko masuknya bakteri ke dalam rahim dan berakhir dengan infeksi. Selain itu, jahitan di vagina juga bisa terbuka. Dan jika Bunda melewati proses caesar, tekanan seseorang di tas dapat menyebabkan ruptur uteri (robekan dinding rahim). Untuk itu, penting menunggu sebelum akhirnya melakukan seks penetrasi dimana memastikan Bunda tidak mengalami komplikasi ini,"ujar Dr Pari Ghodsi, M.D, obgyn bersertifikat di Los Angeles, seperti dikutip dari Self.

4 Cara Memancing Gairah Bercinta Usai MelahirkanBercinta usai melahirkan/ Foto: iStock

Risiko kesehatan bagi wanita usai persalinan memang cukup serius jika tidak dijaga dengan baik. Enggak jarang, kekhawatiran itulah yang turut menggerus gairah seks para Bunda ikut menurun. Rasa cemas, takut, dan khawatir tanpa disadari hadir dan membuat Bunda enggan bercinta dengan pasangan.

Mengatasi hal tersebut memang bukan hal mudah ya, Bun. Perlu treatment khusus agar gairah bercinta Bunda kembali normal dan bisa bermain-main kembali dengan pasangan.

Melansir What to Expect, beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membangkitkan gairah bercinta pascapersalinan diantaranya seperti berikut:

1. Mengontrol
Untuk mengontrol risiko kehamilan, Bunda membutuhkan alat kontrasepsi yang andal. Diskusikan pilihan KB dengan dokter terlebih dulu sebelum aksi bercinta dilakukan, Bun.

2. Gunakan pelumas
Penggunaan pelumas dapat membantu Bunda mengurangi rasa sakit serta meningkatkan kenikmatan, Bun. Pilihlah yang membuat Bunda nyaman sehingga sesi bercinta berjalan lancar.

3. Ekstra pemanasan
Pemanasan ekstra sangatlah dibutuhkan untuk membuat gairah bercinta semakin hidup. Jangan ragu untuk meminta kepada pasangan sesi pemanasan jika Bunda belum merasa siap untuk sesi inti. Sebab, pemanasan yang cukup akan membuat bercinta nikmat dan tidak menyakitkan.


4. Cari posisi bercinta yang tepat
Lakukan percobaan dan temukan posisi bercinta yang memberikan sedikit tekanan dan memberi Bunda kenyamanan. Agar lebih nyaman, komunikasikan hal tersebut dengan pasangan terlebih dulu ya, Bun.

Selamat mencoba! (rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi