moms-life

7 Rangkaian Perawatan Rambut untuk Wanita Berhijab

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 28 May 2019 17:30 WIB
7 Rangkaian Perawatan Rambut untuk Wanita Berhijab
Jakarta - Banyak Bunda berhijab mengalami permasalahan rambut yang enggak kunjung ada solusinya. Mulai dari rambut rontok hingga berketombe terus-menerus. Kalau Bunda juga mengalami hal ini, sebaiknya diingat-ingat lagi ya perawatan rambut yang dilakukan selama ini.

Meski berhijab tapi jangan sampai melupakan hak rambut untuk tetap dirawat agar tetap sehat.
Melansir Mysalaam, seorang stylist bernama Hajar Aarab menuturkan bahwa wanita berhijab sebaiknya menyesuaikan gaya hijab dengan gaya rambutnya.


"Bunda perlu memilih style berdasarkan bagaimana cara mengenakan hijab mengingat bahwa hijab akan mengubah gaya rambut,"katanya.


Menurut Aarab, jika Bunda menginginkan gaya rambut curly tetap terjaga dengan baik, yang pertama harus dilakukan adalah menggunakan hairnet sebelum mengenakan hijab. Sebab, hairnet akan membantu curly rambut Bunda bertahan lebih lama.

7 Rangkaian Perawatan Rambut untuk Wanita BerhijabIlustrasi mencuci rambut/ Foto: Thinkstock

Kedua, Bunda juga sangat disarankan untuk memilih produk perawatan yang disesuaikan dengan jenis rambut masing-masing. Baik itu rambut berminyak, kering atau bercabang. Memilih sampo dan kondisioner saja enggak cukup lho, Bun.

Kalau saran Meerim Zhumabaeva dari The BlowOut Bar, rangkaian ketiga yaitu menjaga hijab tetap longgar, sehingga rambut masih sempat bernapas di balik kain hijab.

"Keempat, ketika Bunda menguncir rambut atau menyanggulnya, jagalah agar tidak menarik rambut terlalu kencang dimana menyebabkan tekanan pada poros dan kulit kepala rambut. Kemudian, gunakan ujung jari untuk merapikan kembali rambut dan memijat kulit kepala begitu tiba di rumah dan melepas jilbab," katanya.

7 Rangkaian Perawatan Rambut untuk Wanita BerhijabFoto: iStock

Selanjutnya, hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan yakni membuat jadwal mencuci rambut dengan tepat. Walaupun rambut tertutup hijab, Bunda tidak disarankan untuk mencuci rambut setiap hari. Sebab, dapat menyebabkan rambut kering dan rapuh. Jangan lupa untuk menggunakan kondisioner agar rambut tetap lembab, seperti dikutip dari laman Halalzilla.

Step yang keenam, Bunda harus menggunakan produk dan alat yang tepat dalam merawat rambut. Salah satunya memilih produk alami untuk menutrisi rambut. Bunda dapat memilih minyak kelapa untuk memastikan kulit kepala tetap tenang dan lembab serta bersinar alami.


Terakhir, step ketujuh yaitu menggunakan sisir lembut untuk membantu mendistribusikan minyak rambut alami secara merata. Hal ini tentunya akan membantu mencegah kerontokan rambut dan rambut patah. Serta, pastikan Bunda menyisir rambut untuk meningkatkan sirkulasi di rambut serta membuat kulit kepala tetap sehat.

Selamat mencoba!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi