mom-life

9 Camilan Sehat Tinggi Protein dan Rendah Karbohidrat

Asri Ediyati Selasa, 13 Aug 2019 10:00 WIB
9 Camilan Sehat Tinggi Protein dan Rendah Karbohidrat
Jakarta - Menahan untuk enggak ngemil adalah 'cobaan' terberat. Bunda juga merasakannya? Nah, seringkali orang Indonesia memilih 'snack angin' atau kerupuk untuk pilihan camilannya. Padahal dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, SpGK dari RS Cipto Mangunkusumo mengatakan sebenarnya nilai gizi kerupuk enggak terlalu bagus.

Fiastuti menuturkan umumnya kerupuk mengandung sumber karbohidrat yang tinggi karena bahan pembuatannya memakai tepung. Karbohidrat yang ada dalam kerupuk ini tergolong cepat diserap oleh tubuh. Kalau karbohidrat yang cepat diserap ini banyak dikonsumsi bisa mengakibatkan kadar glukosa meningkat. Selain itu aneka makanan yang digoreng pakai minyak, kadar lemaknya tinggi.

"Kalau kerupuk ini dikonsumsi secara terus-menerus tentu tidak baik, karenanya harus diganti dengan mencari camilan yang nilai gizinya lebih sehat," ujar Fiastuti, dikutip dari detikcom.

Lantas, apa saja camilan yang memiliki nilai gizi sehat? Berikut dilansir Good Housekeeping, sembilan camilan sehat yang tinggi protein dan rendah karbohidrat. Cocok banget buat Bunda yang sedang menjaga berat badan.


1. Edamame

Kombinasi serat dan protein dalam edamame menjadikannya pilihan camilan yang sangat baik. Bonusnya? Edamame yang mengandung magnesium dapat membantu pengaturan kondisi hati atau liver. Bunda bisa merebusnya dan dihidangkan dengan sedikit garam laut.

2. Keju cottage

Setengah cangkir keju cottage rendah sodium dapat mengandung hingga 20 gram protein, artinya bagus untuk camilan pagi. Selain itu keju cottage mengandung sifat probiotik untuk membantu meningkatkan kesehatan usus.

3. Greek yoghurt tawar

Pilih greek yoghurt yang tawar, dan periksa daftar kandungannya untuk memastikan setidaknya ada lima jenis bakteri yang ditambahkan. Bakteri ini adalah probiotik, yang dapat membantu bakteri menguntungkan yang sudah ada di tubuh Bunda. Plus, makanan kaya protein seperti yoghurt membantu regenerasi sel-sel kekebalan tubuh.
ilustrasi wanita makan yoghurt/ ilustrasi wanita makan yoghurt/ / Foto: Istock
4. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan fungsi kognitif dan kesehatan jantung, ditambah penurunan risiko demensia. Dalam jangka pendek, biji bunga matahari dapat membantu menambah lemak baik, protein, dan serat yang baik.

5. Susu kedelai

Susu ini dipenuhi dengan antioksidan dan mineral nabati, susu alternatif yang mengandung protein ini dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol . Itu karena lemak jenuh lebih rendah daripada susu sapi murni.

Cari yang tanpa pemanis dan yang menyediakan sekitar 7-8 gram protein nabati per porsi. Jangan lupa cari juga yang mengandung sesedikit mungkin bahan, dan memiliki vitamin dan mineral yang sama dengan susu sapi (vitamin A dan D).

6. Biji rami

Biji rami memiliki kandungan protein tinggi. Biji tersebut dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan biji rami antara lain seng, magnesium, zat besi, dan kalsium. Sebagai sumber serat larut nabati, biji rami juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Biji rami dapat membantu menurunkan trigliserida serum dan kadar kolesterol 'jahat' (LDL) sambil meningkatkan kolesterol 'baik' (HDL).
ilustrasi biji rami/ ilustrasi biji rami/ / Foto: Thinkstock
7. Kacang almond

Kacang almond mengandung lebih banyak serat daripada kacang lainnya (3,5 gram per ons), sehingga merupakan camilan yang sangat sehat dan bikin cepat kenyang. Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa wanita yang secara teratur mengonsumsi 1-1,5 ons kacang almond di pagi hari akan makan lebih sedikit saat makan siang dan makan malam.

8. Protein bar

Carilah protein bar yang terbuat dari bahan makanan asli. Hindari yang mengandung banyak gula tambahan. Protein bar yang bagus mengandung kacang, biji-bijian, putih telur, atau tepung berbahan dasar kacang-kacangan sebagai bahan penyusun utama.

9. Biji labu

Biji labu mengandung kalium, magnesium, seng, dan zat besi. Mineral-mineral ini adalah kunci untuk mempertahankan tingkat energi. Biji-bijian ini mengandung sekitar 6 gram serat, 7 gram protein per 1,5 ons camilan.

Simak juga cara membuat menu camilan sehat, sandwich buah melalui video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi