moms-life

Dukungan Kakak Saat Kondisi Kesehatan Ria Irawan Kembali Menurun

Asri Ediyati Sabtu, 07 Sep 2019 06:57 WIB
Dukungan Kakak Saat Kondisi Kesehatan Ria Irawan Kembali Menurun
Jakarta - Kabar duka datang dari aktris Ria Irawan, yang dikabarkan menurun kondisi kesehatannya. Padahal, sebelumnya ia dinyatakan bersih dari kanker kelenjar getah bening dia awal 2019. Sebagai kakak, Dewi Irawan membantu dan menemani Ria di rumah sakit.

Dikutip dari detikcom, saat dihubungi awak media, Dewi Irawan selaku kakak dari Ria tampak tak banyak bicara. "Sekarang kita lagi fokus dulu ya. Nanti baru dikasih tahu. Ini masih dalam taraf awal soalnya," ujar Dewi.

Ria kembali dirawat di RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo) sejak 1 September 2019. Namun hingga kini, Dewi masih belum dapat memberikan banyak keterangan terkait kondisi dan penanganan apa saja yang diterima adiknya.

"Iya (di RSCM). Dari tanggal 1 (September). Nanti aja deh, masih banyak urusan sama dokternya," kata Dewi.


Ria Irawan sendiri telah melawan kanker kelenjar getah bening selama lima tahun. Namun, dia sama sekali tidak merasa putus asa, bahkan masih terus berkarya dan menolak vakum dari industri hiburan Tanah Air.

Ria Irawan dan MaykyRia Irawan dan Mayky/ Foto: Palevi S/detikHOT
Ria menularkan semangat sembuhnya dengan menjadi motivator. Ia berbagi cerita mengenai cara melawan penyakit tersebut dengan sesama pengidap kanker. Berbekal ijazah hipnoterapis yang dimiliki, Ria sudah mencoba membantu banyak orang dengan mengajarkan self healing. Kuncinya adalah membentuk pola pikir positif dan membuang jauh pikiran negatif.

"Jadi lebih ke holistic healer, jadi penyakit itu tumbuh di badan yang asam atau asidik, jadi bagaimana pola berpikir yang positif meng-alkaline-kan kondisi tubuh kita, jadi buang jauh hal yang negatif," ujar Ria, dikutip dari InsertLive.

Kabar terbaru, sel kanker Ria Irawan metastase atau menjalar ke paru-paru dan otak. Ini sebabnya jika seseorang sudah terkena kanker bukan berarti ia dinyatakan sembuh total. Menurut Dr.dr.Andhika Rachman, Sp.PS-KHOM., sel kanker tidak bisa 100 persen hilang, melainkan dikenal dengan istilah dorman.

"Pasien kanker tak bisa sembuh total, sel itu tidur atau dikenal dengan istilah dorman. Cara mengontrol selnya yaitu dengan mengatur pola hidup yang sehat dan menghindari paparan yang memicu munculnya sel kanker itu lagi," kata Andhika saat ditemui di bilangan Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Kita doakan semoga Ria Irawan segera pulih seperti sedia kala ya, Bun!

Simak juga penjelasan dari ahli tentang penurunan risiko kanker melalui hamil dan menyusui.

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi