sign up SIGN UP search

moms-life

Deretan Kafe Ramah Anak, Cocok untuk Bunda Ngopi-Ngopi Cantik

Maya Sofia Sabtu, 21 Sep 2019 06:49 WIB
Kafe ramah anak berikut menyediakan area bermain untuk si kecil. caption
Jakarta - Ngopi-ngopi cantik sepertinya sudah menjadi bagian dari gaya hidup bunda di kota-kota besar zaman sekarang. Diskusi positif bareng teman-teman sambil menyeruput secangkir kopi hangat dan pastinya bebas dari bergosip ya, Bun.

Namun tak bisa dimungkiri sebagai orang tua kadang muncul perasaan bersalah meninggalkan anak saat menikmati 'me time' tersebut. Hayo, siapa Bunda yang sering mengalami hal ini?

Salah satu alasan sebagian besar bunda tak ajak anak karena khawatir mereka tidak betah berlama-lama di kafe. Apalagi kalau atmosfer kafe dirasa kurang mendukung untuk anak-anak.


Problem ini rupanya dibaca oleh sejumlah pengusaha kafe dan diubah jadi sebuah peluang bisnis menjanjikan. Mereka sadar bahwa para bunda membutuhkan sebuah kafe yang tak hanya menyajikan makanan dan minuman lezat, tapi juga ramah anak.

Nah, berikut HaiBunda pilihkan beberapa kafe dan tempat makan yang homey sekaligus ramah anak.

MAMAIN

Deretan Kafe Ramah Anak, Cocok untuk Bunda Ngopi-Ngopi CantikMAMAIN, salah satu kafe ramah anak di Jakarta. (Foto: Andi Annisa DR/detikFood)

Sesuai tagline-nya, 'Eat, Play, Repeat', kafe yang terletak di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan ini, memang sengaja dibangun sebagai kafe ramah anak. Berdiri sejak 2017, interior MAMAIN yang didominasi warna pastel sangat menonjolkan tema anak.

Pun area bermain untuk anak-anak juga dibuat besar dan menjadi konsep utama. Namun tentu saja ada area kafe tempat Bunda bisa menikmati makanan dan minuman, seperti kopi.

Kupinami

Deretan Kafe Ramah Anak, Cocok untuk Bunda Ngopi-Ngopi CantikKupinami, salah satu kafe ramah anak di Jakarta. (Foto: Instagram @kupinami)

Kopi dan mi aceh tersaji di atas meja yang sama, siapa bisa menolak Bun. Kopi diketahui merupakan minuman terfavorit warga Jakarta, sementara mi aceh adalah hidangan yang kelezatannya tak perlu diragukan lagi.

Keduanya bisa Bunda nikmati di satu kafe bernama Kupinami. Terletak di Ceger, Cipayung, Jakarta Timur, kafe yang khusus menyediakan kopi serta mi aceh ini ternyata memiliki ruang playground untuk anak lho.

Ruang playground tersebut dilengkapi dengan kolam mandi bola dan perosotan. Si kecil pastinya bakal 'happy' bermain di sini, sementara Bunda bisa duduk-duduk cantik sambil menikmati secangkir kopi.

The Localist Coffee and Bistro

Deretan Kafe Ramah Anak, Cocok untuk Bunda Ngopi-Ngopi CantikThe Localist Coffee and Bistro, kafe yang ramah anak di Surabaya. (Foto: Instagram @thelocalist.sby)

Selanjutnya kita beranjak ke luar Jakarta, Bun. Kali ini terdapat sebuah kafe ramah anak di Surabaya. Di salah satu pojok ruangan di kafe ini terdapat sebuah play area untuk anak yang nyaman dan aman. Play area ini disebut dengan reading corner karena anak-anak bisa membaca dengan leluasa buku cerita yang sudah disediakan di sana. Menariknya saat bunda ngopi-ngopi cantik dengan teman, si kecil bisa mengikuti story time yang rutin digelar di kafe tersebut.

Dengan adanya sederet kafe ramah anak ini, Bunda dan si kecil kini tetap bisa menghabiskan waktu bersama-sama tanpa Bunda merasa bersalah ya. Apalagi namanya anak biasanya lebih dekat dengan Bunda. 

Terkait fenomena anak lebih dekat ke sang bunda ada penjelasannya lho, Bun. Dalam American Journal of Perinatology, disebutkan awal-awal kehidupan anak merupakan masa kritis yang membentuk bonding ibu dan anak. Karena ibu adalah pengasuh utama anak dan cenderung menghabiskan waktu lebih banyak dengan si kecil, maka di otaknya anak memiliki preferensi pada sang ibu.

"Tapi ini bukan berarti anak tidak bisa dekat dengan ayahnya. Hanya saja anak memiliki paparan yang lebih besar dari ibunya ketimbang orang tua lain atau dalam hal ini ayah," kata salah satu peneliti dalam laporannya seperti dikutip dari Romper.

Selain berkunjung ke kafe ramah anak, Bunda dan si kecil juga bisa mengisi liburan di akhir pekan dengan memasak bersama. Tak perlu hidangan yang sulit, Bunda bisa ajari anak membuat makanan sederhana, seperti telur. Yuk cek videonya berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!