moms-life

5 Bahan Skincare Ini Tuntaskan Berbagai Jenis Masalah Kulit Bunda

Asri Ediyati Rabu, 09 Oct 2019 19:45 WIB
5 Bahan Skincare Ini Tuntaskan Berbagai Jenis Masalah Kulit Bunda 5 Bahan Skincare Ini Tuntaskan Berbagai Jenis Masalah Kulit Bunda/ Foto: iStock
Jakarta - Tiap orang memiliki jenis masalah kulit yang berbeda. Mulai dari yang berminyak hingga kusam. Beberapa produk skincare mungkin menerangkan fungsi bahan tersebut untuk apa. Namun, ada juga yang tidak.

Nah, untuk menambah ilmu pengetahuan tentang skincare, lima bahan tersebut bisa menuntaskan masalah kulit. Namun, tergantung jenis masalah kulit yang Bunda alami. Apa saja?

1. Kulit berkerut, Vitamin C jawabannya


Setiap kali Bunda melangkah keluar rumah, wajah akan diserang oleh radikal bebas seperti oksida nitrat, karbon monoksida, dan ozon. Racun-racun ini mengganggu produksi energi sel, dan mereka merusak mitokondria, mencegah sel-sel berfungsi normal. Vitamin C (asam L-askorbat) adalah antioksidan yang sangat baik dalam menonaktifkan polutan penghisap energi dan memiliki nilai tambah karena mampu meningkatkan kolagen.

Antioksidan penangkal radikal bebas kuat lainnya termasuk vitamin E, CoQ10, dan bahkan hidrogen. "Glutathione sebagai pengisi daya baterai untuk antioksidan di kulit, ketika antioksidan kehilangan daya, glutathione menambahkannya kembali," kata Doris Day, M.D., seorang dokter kulit di New York City, dikutip dari Shape.

2. Alpha Hydroxy Acids (AHA), singkirkan kulit kusam

Penumpukan kulit mati yang membuat kulit terlihat kusam dan lelah. Alpha Hydroxy Acids (AHA) bisa menangani masalah ini. Bunda bisa menemukan AHA di toner untuk eksfoliasi.

"Lakukan eksfoliasi dengan AHA, seperti asam glikolat atau asam laktat, untuk mengelupas lapisan atas kulit itu, melompati pergantian sel, dan meningkatkan kolagen," kata Francesca Fusco, MD, asisten profesor klinis dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai Hospital di NYC .

"AHA benar-benar menyegarkan dan mencerahkan kulit, dan mereka membantu serum dan krim menyerap lebih efisien," lanjutt Fusco.

bahan skincareilustrasi wanita pakai skincare/ Foto: iStock

3. Perbaiki warna kulit tidak merata dengan niacinamide

Mengaplikasikan niacinamide ke kulit seperti memberi secangkir kopi pada mitokondria (pusat respirasi sel). Niacinamide adalah turunan vitamin B3 yang merangsang sel untuk menghasilkan energi untuk mengikat jenis molekul lain (disebut NADH) yang membantu mengubah lemak menjadi energi.

Niacinamide dapat menjadi sangat efektif ketika bekerja sama dengan karnitin, sejenis molekul yang membantu meningkatkan produksi energi dengan mengirimkan asam lemak rantai panjang ke mitokondria. Sebagai manfaat tambahan, niacinamide dapat membantu menangkal (dan bahkan membantu membalikkan) reaksi kimia antara protein dan gula yang disebut glikasi.

"Ketika kolagen (protein) bertemu dengan molekul-molekul gula dalam tubuh Anda, itu bisa menjadi rusak, yang menyebabkan kulit kusam, kasar, dan kusut," kata Dr.Day.

4. Redakan jerawat dengan centella asiatica

Jika kulit Bunda cenderung berjerawat dan Bunda sering mengalami iritasi dan kemerahan, pastikan untuk memasukan Centella dalam daftar bahan skincare yang akan dibeli. Bahan alami ini telah dikenal untuk menenangkan peradangan, membantu menyembuhkan luka lebih cepat, dan bahkan meningkatkan pergantian sel kulit. Demikian dikutip dari Nudie Glow.

5. Gycolic acid untuk kulit kering

Ditemukan secara alami di tebu dan buah-buahan termasuk anggur, asam glikolat atau glycolic acid adalah bahan dasar skincare untuk kulit kering yang populer karena efektif pada semua jenis kulit. Biasanya Bunda akan menemukan bahan ini dalam pembersih yang dirancang untuk kulit kering. Asam glikolat membantu menarik kelembapan pada kulit dan menjaga wajah Bunda tetap terhidrasi di sepanjang hari.

Simak juga bahaya batu es yang ditempel pada kulit langsung melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi