moms-life

Cerita Salshabilla Adriani, Nyaris Buta Gara-gara Softlens

Annisa Karnesyia Kamis, 10 Oct 2019 14:25 WIB
Cerita Salshabilla Adriani, Nyaris Buta Gara-gara Softlens
Jakarta - Aktris dan penyanyi muda Salshabilla Adriani atau akrab disapa Salsha baru mengalami kejadian tak mengenakan. Kedua matanya mengalami iritasi akibat penggunaan softlens.

Cerita ini dibagikan langsung Salsha dalam akun Instagram milikinya. Kejadian bermula saat perempuan 19 tahun ini pergi ke kampus untuk ujian.

Saat mulai ujian, Salsha yang mengenakan softlens merasa ada yang berbeda dari matanya. Kedua matanya terasa perih.


"Akhirnya mulai ujian lah aku, tapi mata kok enggak enak, akhirnya softlens aku buka di kelas, tapi kok masih butek penglihatanku dan lama-lama berair terus, semakin lama aku enggak bisa lihat apa-apa," tulis Salsha.

Kejadian ini sempat membuat panik pelantun lagu Jangan Pergi itu. Ia pun bergegas ke rumah sakit dan ternyata dokter menyatakan kedua matanya terkena iritasi akibat penggunaan softlens.

"Ternyata kedua kornea mataku luka dan lukanya sudah cukup besar, jujur ini sudah nangis banget, mikirnya sudah ke mana-mana karena enggak pernah kayak begini, dan sekalinya luka mataku enggak bisa lihat dan enggak bisa dibuka," ujarnya.

Kejadian ini seperti menjadi pelajaran untuk Salsha. Ia berpesan agar orang-orang lebih berhati-hati dan menjaga kebersihan saat menggunakan soflens.

"Pokoknya jangan sampai sembarangan dan jangan sampai infeksi, karena risikonya bisa menyebabkan kebutaan," tulisnya.

[Gambas:Instagram]

Penggunaan soflens yang tidak hati-hati memang bisa merusak mata, Bun. Menurut Dokter umum di RS Permata, Depok, dr.Kevin William Hutomo, bila tidak berhati-hati, penggunaan softlens dapat menyebabkan iritasi di daerah bola mata dan dapat berbahaya bagi kesehatan mata.

"Bila menggunakan softlens yang digunakan berulang, pastikan tempat penyimpanannya higienis, selalu ganti larutan, dan bersihkan tempat penyimpanan softlens secara rutin," kata Hutomo, dilansir detikcom.

Pakar kesehatan mata mengatakan, softlens sekali pakai lebih aman dari yang dipakai berulang. Berikut 10 cara untuk menjaga keamanan saat menggunakan softlens, seperti dikutip dari WebMD.

1. Pakai softlens sesuai anjuran dokter.

2. Jika lupa kapan harus mengganti softlens, bisa buat jadwal agar tidak kelupaan.

3. Jangan pernah gunakan softlens milik orang lain, terutama jika pernah digunakan. Ini bisa menyebarkan infeksi karena partikel dari mata mereka pindah ke kita.

4. Jangan tidur dengan softlens, kecuali memiliki softlens khusus ajuran dokter. Ketika kelopak mata tertutup, air mata tidak akan membawa cukup oksigen ke mata saat terbuka.

5. Jangan biarkan ujung botol atau tempat cairan pembersih softlens kontak dengan jari, mata, atau softlens.

6. Kenakan kacamata hitam dengan perlindungan UV total atau topi lebar saat berada di bawah sinar matahari.

7. Gunakan larutan rewetting atau larutan yang direkomendasikan dokter untuk menjaga mata tetap lembab.

8. Jika mata Anda mengalami iritasi, segera keluarkan softlens. Konsultasi dengan dokter tentang masalah tersebut sebelum mengenakannya lagi.

Jika terus dipakai, mata bisa terinfeksi. Ketika mulai memakai softlens lagi, ikuti instruksi dokter untuk mencegah infeksi.

9. Pergi ke dokter mata jika penglihatan hilang tiba-tiba, penglihatan buram, melihat cahaya berkedip-kedip, sakit mata, infeksi, pembengkakan, kemerahan yang tidak biasa, atau iritasi.

10. Jangan berenang dengan softlens. Bunda bisa terkena infeksi serius jika tetap memakai softlens di dalam air.

Simak juga tips merawat kacamata anak di video berikut, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi