sign up SIGN UP search


moms-life

Kisah Yannie Kim, Perempuan Indonesia yang Jadi Artis Drama Korea

Maya Sofia Jumat, 25 Oct 2019 09:40 WIB
Yannie Kim berakting dalam sejumlah drama Korea, seperti Strangers From Hell, Yong-Pal, hingga The Great Show. caption
Jakarta -

Yannie Kim. Nama ini mungkin masih terdengar asing bagi Bunda. Namun wajah perempuan asal Bekasi tersebut sering tampil di sejumlah drama Korea lho.

Pemilik nama lengkap Yannie Mustafa tersebut memang saat ini berkarier sebagai artis di Negeri Ginseng. Sederet drama Korea populer ia bintangi meski tidak sebagai pemeran utama, misalnya Voice 3, Hospital Ship, Dear My Friends hingga Yong-Pal.

Menikah dengan orang Korea

Mengutip detikcom, awal mula kehidupan Yannie di Negeri Ginseng dimulai saat ia diberangkatkan oleh perusahaan tempatnya bekerja ke Korea. Kemudian pada 2000, Yannie bertemu dengan pria Korea yang kini telah menjadi suaminya.

Hubungan cinta keduanya tak berjalan mulus. Orang tua Yannie dan sang pria sama-sama tak memberi restu.

"Orang tuaku enggak setuju karena agamanya bukan Islam. Dari pihak mertua, lantaran suami sudah disekolahkan sampai S-2, tentu dia ingin dapat calon istri yang setara, sementara aku cuma lulusan SMA," ujar Yannie.

[Gambas:Instagram]



Meski saat itu belum sepenuhnya direstui orang tua, Yannie dan sang pria nekat menikah. Pria tersebut menjadi mualaf dan Yannie diboyong ke Korea.

Berstatus sebagai istri orang Korea tak semudah seperti di film atau drama. Meski gaji sang suami cukup untuk kehidupan sehari-hari, Yannie tetap mencari nafkah tambahan.

Beragam jenis pekerjaan pernah ia jajal. Mulai dari pegawai kantoran, konsultan untuk perusahaan asing, penerjemah hingga pegawai kantoran.

Terjun ke dunia hiburan Korea

Semuanya serba kebetulan. Begitu ujar Yannie saat ditanya kenapa ia bisa menjadi artis di Korea. Awalnya, Yannie terlibat dalam proyek film dokumenter soal keluarga multikultural. Saat itu ada rasa keingintahuan dari warga setempat tentang kehidupan orang asing yang menikah dengan orang Korea.

"Awalnya documentary kehidupan aslinya aku. Jadi hidupnya bagaimana, dari Indonesia kesulitannya bagaimana. Dari situlah sedikit-sedikit dikenal," ucap Yannie dalam program Rumpi Trans TV.

Berakting dalam drama Korea

Dari proyek film dokumenter itu, Yannie mendapat tawaran casting dalam talkshow, film layar lebar dan rama. Yannie memulai debutnya dengan berakting dalam drama Gaori. Drama yang tayang pada 2009 itu mengisahkan tentang perempuan pendatang dari Indonesia ke Korea.

"Walaupun perannya belum fantastis banget, tapi seenggaknya lewat aku, buat kalian pencinta drama Korea yang ingin jadi artis Korea sudah tahu berarti ada peluang buat kita," kata Yannie.

Setelah itu Yannie pun mulai mendapat tawaran akting di drama populer, seperti Yong-Pal. Yannie berperan sebagai pasien imigran yang akan melahirkan dalam episode 9 dan 10 Yong-Pal.

[Gambas:Instagram]


Menariknya, saat itu Yannie dapat kesempatan beradu akting dengan sang pemeran utama, aktor Joo Woon. Awal keterlibatan Yannie dalam drama Yong-Pal juga tak sengaja.

Saat itu Yannie sedang mengikuti casting di sebuah film layar lebar. Meski gagal lolos dalam film layar lebar itu, Yannie justru mendapat tawaran berakting dalam drama Yong-Pal.

"Ada salah satu pencari bakat drama Yong-Pal datang ke tempat casting, di situ dia lihat aku. Kebetulan Yong-Pal lagi butuh orang, aku dihubungi via telepon. Jadi aku enggak perlu ngikutin casting lagi karena pihak mereka sudah lihat langsung video pas aku casting untuk layar lebar itu," tutur Yannie.

Yannie kemudian bergabung di bawah sebuah manajemen khusus untuk talent warga asing. Ia pun mendapat tawaran dari pihak manajemen untuk casting dalam drama Hospital Ship yang dibintangi artis Ha Ji Won dan personel band CNBLUE, Kang Minhyuk.

[Gambas:Instagram]


Ada pengalaman unik saat Yannie membintangi drama ini. Yannie yang berperan sebagai perempuan tunawicara diharuskan memeluk Kang Min Hyuk dalam salah satu adegan.

Yannie yang grogi dan segan, berusaha untuk tidak menyentuh Kang Min Hyuk saat memeluknya. Namun produser justru memintanya untuk benar-benar memeluk Kang Min Hyuk.

"Kayaknya pemeran utama tahu kau enggak enak. Akhirnya dia bilang, 'Peluk saja Nuna, ini kan akting.'" cerita Yannie.

[Gambas:Instagram]


Selain Yong-Pal dan Hospital Ship, Yannie juga pernah berakting dalam drama Korea Dear My Friend, Voice 3, Love Is Beautiful Life is Wonderful, Strangers From Hell yang dibintangi aktor Lee Dong Wook, serta yang terbaru The Great Show.

Meski peran Yannie masih sebatas cameo, namun ia mampu membuktikan bahwa perempuan Indonesia juga bisa berakting dalam drama Korea. Hebat ya, Bunda.

Memperkenalkan budaya Indonesia pada anak

Yannie saat ini memang telah menjadi warga negara Korea. Namun hal ini, ia lakukan agar anak-anaknya tak mengalami kesulitan saat mendaftar sekolah atau urusan administrasi lain.

Status Yannie boleh saja warga Korea Bun, namun jiwanya tetap Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan caranya mendidik anak.

Yannie yang saat ini telah dikaruniai dua orang anak, yakni Soo Bin dan Eun Bi, ternyata sudah memperkenalkan budaya Indonesia kepada sang buah hati sejak masih kecil.

Kedua anak Yannie bahkan mengetahui bagaimana caranya bermain permainan tradisional Indonesia, seperti congklak, bekel, hingga karet. Tak hanya itu, si sulung Soo Bin yang kini sudah beranjak remaja bahkan bisa sedikit menyanyikan lagu asal Jawa, Suwe Ora Jamu.

Hebat ya, Bunda. Meski sudah lama tinggal di Korea, Yannie tetap menanamkan budaya Indonesia pada kedua anaknya.

Oiya si sulung Soo Bin juga sudah mulai mengikuti jejak sang Bunda lho. Soo Bin sempat menjadi cameo dalam drama Korea Designated Survivor 60 Days.

Bunda juga bisa simak cerita inspiratif Habibie dan Ainun, mulai dari kisah cinta keduanya hingga cara unik mereka dalam mendidik anak. Cek berita selengkapnya di sini.

[Gambas:Video Haibunda]

(som/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi