moms-life

Ngeri! Pria Ini Tertular Demam Berdarah Setelah Berhubungan Seks

Siti Hafadzoh Minggu, 10 Nov 2019 13:01 WIB
Ngeri! Pria Ini Tertular Demam Berdarah Setelah Berhubungan Seks Pria Spanyol Tertular Demam Berdarah Setelah Berhubungan Seks/ Foto: iStock
Jakarta - Kasus demam berdarah kembali mengejutkan masyarakat dunia. Kabarnya, virus demam berdarah berkembang dan tidak hanya ditularkan oleh gigitan nyamuk, Bun.

Pada Jumat kemarin, otoritas kesehatan Spanyol mengkonfirmasi kasus pria yang tertular virus demam berdarah, melalui hubungan seks. Ini menjadi kasus pertama di dunia karena hingga saat ini, virus demam berdarah dianggap hanya ditularkan lewat nyamuk.

Kasus ini menimpa seorang pria berusia 41 tahun asal Madrid yang terkena demam berdarah setelah melakukan seks. Menurut Susana Jimenez dari departemen kesehatan publik wilayah Madrid, pasangan, pria tersebut telah tertular virus dari gigitan nyamuk ketika sedang pergi ke Kuba.


Infeksi demam berdarah pada September lalu membingungkan para dokter. Pria ini belum pernah pergi ke negara mana pun yang ada penyakit demam berdarah umum terjadi.

"Pasangannya menunjukkan gejala yang sama sekitar sepuluh hari sebelumnya. Tapi, lebih ringan. Dia sebelumnya telah mengunjungi Kuba dan Republik Dominika," ujar Jimenez dikutip dari New Straits Times.

"Analisis sperma mereka dilakukan dan mengungkapkan bahwa mereka tidak hanya menderita demam berdarah. Tapi, juga virus yang persis sama dengan yang beredar di Kuba," tambahnya.

Dalam email yang dikirim ke European Centre for Disease Prevention and Control (ECDC) yang memantau kesehatan dan penyakit di Eropa, mereka mengatakan bahwa sepengetahuan mereka, virus dengue memang menular dari hubungan seksual. Tapi, penularan ini terjadi pada hubungan seks pria dengan pria.

Meski sejauh ini penelitian belum memastikan apakah hubungan seks pria dengan wanita dapat menularkan virus demam berdarah, kita tetap perlu waspada ya, Bun. Apalagi, kita tinggal di negara tropis.

Menurut World Health Organisation (WHO), demam berdarah umumnya ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk ini banyak ditemukan di tempat beriklim tropis.

Ngeri! Pria Spanyol Tertular Demam Berdarah Setelah Berhubungan SeksIlustrasi nyamuk demam berdarah/ Foto: iStock

Makanya, Bunda perlu mengenali gejala-gejalanya nih. Menurut dr Boy Abidin, demam berdarah biasanya ditandai dengan suhu tubuh yang mencapai 40 derajat Celsius. Kemudian, disertai dengan batuk dan pilek.

"Biasanya demamnya itu bisa 2-7 hari. Jadi, kalau mulai sudah ada demam seperti itu, besoknya ada sakit kepala, kemudian ada muntah-muntah, bisa jadi demam berdarah," kata Boy di program Dr Oz Indonesia.

Selain itu, kata dr Reisa Broto Asmoro, penyakit ini menimbulkan pendarahan. Bercak merah yang ada di kulit ketika terkena demam berdarah adalah salah satu bentuk dari pendarahan.

Jadi, kita perlu hati-hati terhadap virus demam berdarah ya, Bun. Penyakit demam berdarah ini bisa berujung pada kematian.

Bunda bisa simak gejala dan jenis-jenis demam berdarah di video berikut ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi