moms-life

Viral Catatan Singkat Suami untuk Istri Ini Sukses Bikin Meleleh

Asri Ediyati Senin, 11 Nov 2019 12:19 WIB
Viral Catatan Singkat Suami untuk Istri Ini Sukses Bikin Meleleh
Jakarta - Seorang pria asal Malaysia, Ahmad Zakimi Abdullah mengunggah foto berisi memo spesial untuk istri di Facebook. Pria yang dipanggil Zek ini bercerita dalam statusnya, ia memberikan catatan bila istri pergi bekerja dahulu. Jika ia berangkat lebih dahulu biasanya ia mengirim pesan lewat WhatsApp.

"Ita periksa nanti di atas meja. Kalau ada sesuatu anggap rezeki ya. Love you," tulis Zek.

Jika memungkinkan, ia akan membagikan sepotong ayat atau hadis Alquran dalam catatan tersebut. Jika tidak sempat, ia akan meninggalkan catatan singkat atau hanya uang. Meski istri bekerja, Zek merasa suami harus tetap memberi rezeki untuk keluarganya, apalagi istrinya.

"Dimulai 18 tahun lalu. Ya, ini keluarga suami. Itu adalah tanggung jawab seorang suami sebagai kepala keluarga. Dari awal pernikahan kami, saya mulai sedikit. Dari tahun ke tahun, gaji saya naik jadi saya mendapat sedikit lebih banyak. Faktanya, keluarga itu berkembang. Belanja bahkan lebih besar," kata Zek.


Zek merasa, uang istri adalah untuk belanjaannya sendiri. Bukan untuk keluarga, ini karena nilai pengorbanan seorang istri kepada saya dan keluarga sangat berharga.

Meskipun kadang-kadang Zek tak punya banyak uang. Ia masih berusaha memberi nafkah untuk keluarganya. Baginya ini adalah tanggung jawab suami dan ayah kepada anak-anak.

Zek yang bekerja sebagai apoteker ini melampirkan potongan ayat Alquran di status Facebook-nya. "Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kamilah yang akan memberi rezeki kepada (anak-anak) mereka dan juga kepadamu." -Surat Al-Israa ': Ayat 31.

Prinsip Zek, semua makanan, pakaian, rumah, mobil, pendidikan anak-anak, dan kebutuhan rumah tangga lainnya adalah tanggung jawabnya.
Viral Catatan Singkat Suami untuk Istri Ini Sukses Bikin Meleleh/ Viral Catatan Singkat Suami untuk Istri Ini Sukses Bikin Meleleh/ / Foto: iStock

"Menghabiskan harta untuk istri dan keluarga Anda bukan hanya kewajiban tetapi itu adalah praktik yang menyenangkan Allah. Sekalipun istri bekerja dan makan gaji, tidak masalah bahwa gaji istri lebih besar dari gaji suami, tugasnya harus menjadi kepala keluarga, suami. Semoga suami diberkati sepenuhnya. Amin," ucap Zek.

Soal mengatur keuangan saat menikah, Prita Hapsari Ghozie SE MCom, perencana keuangan sekaligus CEO ZAP Finance mengatakan, komunikasi adalah hal utama disini.

"Komunikasikan dengan baik pada suami atau sang istri tentang masalah keuangan tersebut, serta tentukan siapa manajer keuangan dalam suatu keluarga," kata Prita.

Dalam membangun rumah tangga perlu sebuah komitmen dan salah satu hal yang terpenting adalah kejujuran (keterbukaan), apalagi tentang kondisi keuangan. Selain kejujuran mengenai sumber pemasukan, perlu saling keterbukaan pula mengenai aset dan utang yang dimiliki. Demikian seperti dilansir detikcom.

Simak juga cara membuat dompet organizer melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi