sign up SIGN UP search


moms-life

3 Bahan Alami untuk Memutihkan Ketiak, Bunda Coba Yuk

Yuni Ayu Amida   |   Haibunda Selasa, 19 Nov 2019 08:38 WIB
Gunakan bahan alami ini untuk memutihkan bagian ketiak yang gelap. Bunda coba yuk. caption
Jakarta - Beberapa area tubuh yang tertutup kadang malah berwarna gelap atau menghitam, salah satunya kulit ketiak. Tentunya hal ini membuat para wanita kadang merasa enggak nyaman karena mengganggu penampilan ya, Bunda.

Menurut dr.Alicia Barba dari Barba Dermatology dan Barba Skin Clinic yang berbasis di Miami, perubahan warna menghitam yang terjadi di kulit, seperti di kulit ketiak disebut dengan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi merupakan kondisi umum yang menyebabkan bagian kulit menjadi lebih gelap daripada area normal di sekitar kulit. Hal ini bisa disebabkan karena berbagai faktor.

"Masalah utama dengan ketiak adalah area kulit biasanya bergesekan dengan sesuatu yang lain. Apakah itu rambut, kulit, atau pakaian, atau bahkan gesekan dari ketiak atau waxing, semua faktor itu dapat memengaruhi pigmen di ketiak," kata Barba, dilansir Essence.


Barba menambahkan, mencukur dan waxing dapat berkontribusi terhadap perubahan warna ketiak. Karena kemungkinan terjadi risiko peradangan yang lebih tinggi. Hal ini juga karena kulit memiliki reaksi inflamasi, yang merangsang sel-sel pembuat pigmen untuk menghasilkan lebih banyak pigmen dan membuat kulit lebih gelap.

"Terkadang itu bahkan bersifat genetik. Jenis kulit yang lebih gelap mencerminkan kulit yang lebih gelap di bawah lengan dan selangkangan," tutur Barba.

Nah, namun jangan khawatir Bunda, berikut ini beberapa bahan alami yang bisa Bunda gunakan untuk memutihkan kulit ketiak yang gelap, dilansir Beautynesia.

1. Kunyit dan mentimun

Untuk membantu memutihkan bagian ketiak yang gelap dan hitam, bisa gunakan kunyit yang dicampur dengan mentimun lho. Kunyit berfungsi sebagai pemutih alami, sedangkan mentimun dapat membantu mencerahkan dan memberikan kesegaran pada kulit.

Cara pengaplikasiannya mudah. Blender atau hancurkan mentimun sampai berbentuk jus, kemudian campur dengan bubuk kunyit. Campur hingga rata dan membentuk pasta.

Kemudian, oleskan pada bagian ketiak yang gelap. Diamkan sekitar 20 sampai 30 menit. Lalu bilas dengan air hingga bersih. Untuk hasil maksimal, gunakan secara teratur 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

2. Pasta gigi

3 Bahan Alami untuk Memutihkan Ketiak, Bunda Coba Yuk3 Bahan Alami untuk Memutihkan Ketiak, Bunda Coba Yuk /Foto: iStock


Pasta gigi ternyata bisa digunakan untuk memutihkan ketiak lho. Pasta gigi memang banyak manfaatnya, Bunda, tak hanya menjaga kebersihan gigi maupun meredakan jerawat, tapi juga bisa memutihkan kulit ketiak.

Ini karena pasta gigi memiliki kandungan mineral alami yang mampu mengangkat semua kotoran dan sel kulit mati pada bagian ketiak. Cara menggunakannya juga mudah.

Oleskan pasta gigi secara merata pada bagian ketiak yang sudah bersih. Sebaiknya, lakukan hal ini setelah mandi. Kemudian, pijat bagian ketika perlahan selama 5 menit. Tapi, jangan menggosok terlalu keras ya, karena bisa menyebabkan kulit ketiak iritasi.

Setelah itu, diamkan sekitar 15 menit, tunggu sampai pasta gigi mengering. Kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan secara rutin minimal 2 kali sehari.

3. Baby oil

Baby oil ternyata bisa dipakai untuk memutihkan kulit ketiak yang hitam. Caranya, oleskan baby oil ke seluruh daerah kulit ketiak yang menghitam. Kemudian diamkan hingga 15 menit. Setelah itu, gosok bagian ketiak perlahan dengan kapas, hingga kotoran-kotoran pada kulit ketiak terangkat. Untuk hasil maksimal, lakukan secara rutin ya.

Simak juga tips atasi ketiak gatal dan hitam,

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!