mom-life

Penyebab dan Cara Ampuh Menghilangkan Ketiak Hitam

Asri Ediyati Kamis, 25 Apr 2019 18:01 WIB
Penyebab dan Cara Ampuh Menghilangkan Ketiak Hitam
Jakarta - Bagi sebagian orang terutama perempuan, ketiak hitam bisa menjadi sumber rasa malu. Kulit ketiak hitam bisa membuat beberapa orang tak mengenakan atasan tanpa lengan, mengenakan pakaian renang, bahkan untuk melakukan olahraga lainnya di depan umum. Seperti noda kulit pada bagian tubuh lainnya, ketiak hitam dapat menyebabkan kurangnya kepercayaan diri seseorang.

Apa sih yang menyebabkan ketiak hitam? Menurut ahli bedah kulit dan penasihat RealSelf.com, Jennifer Reichel, ketiak cenderung semakin gelap seiring bertambahnya usia akibat peradangan di area tersebut atau karena genetika.


Dokter kulit yang berbasis di New York City, Michele Green menambahkan bahwa ketiak gelap sering berasal dari masalah hormon, diabetes atau sebagai akibat dari reaksi alergi terhadap deodoran.


"Tentu saja Anda akan lebih rentan mengalami pigmentasi yang lebih gelap jika Anda punya jenis kulit yang lebih gelap," kata Reichel dikutip dari Huffington Post.

Mengutip dari Health Line, selain iritasi karena deodoran, ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab ketiak hitam. Di antaranya, aktivitas mencukur, akumulasi sel kulit mati, pakai baju terlalu ketat, dan hiperpigmentasi akibat merokok.

Nah, sebelum Bunda menghilangkan noda hitam pada ketiak, disarankan untuk mengubah kebiasaan yang menjadi penyebab terlebih dahulu. Coba ubah merek deodoran atau berhenti menggunakan deodoran sama sekali. Lalu, berhenti bercukur, coba pilih waxing atau pakai laser. Rajin eksfoliasi kulit ketiak dengan scrub, dua sampai tiga kali seminggu. Terakhir, kenakan pakaian longgar dan berhenti merokok.

Penyebab dan Cara Ampuh Menghilangkan Ketiak HitamFoto: iStock
Untuk menghilangkan ketiak hitam, banyak orang termasuk Bunda memilih cara alami. Pakar pengobatan alami menyarankan sejumlah zat pemutih alami, termasuk yang berikut:

1. Kentang

Parut kentang, peras sari dari kentang parut, dan oleskan sari ke ketiak. Setelah 10 menit, bilas ketiak dengan air dingin.

2. Mentimun

Potong irisan mentimun tebal dan gosok irisan pada area gelap ketiak. Setelah 10 menit, bilas ketiak dengan air dingin.

3. Kulit jeruk

Campurkan satu sendok makan susu dan satu sendok makan air mawar dengan kulit jeruk bubuk untuk membuat pasta. Gosok ketiak dengan lembut dengan pasta dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Ulangi dua hingga tiga kali per minggu.

4. Kunyit

Dalam mangkuk kecil, campur dua sendok makan jus lemon segar dengan kunyit secukupnya untuk membuat pasta. Oleskan pasta secara merata ke ketiak. Setelah 30 menit, bersihkan.


5. Minyak kelapa

Pijat beberapa tetes minyak kelapa ke ketiak. Setelah 15 menit, cuci ketiak dengan air hangat dan sabun ringan. Ulangi langkah ini dua hingga tiga kali sehari.

6. Lidah buaya

Oleskan sari lidah buaya ke ketiak yang baru dicukur untuk mensterilkan, melembapkan, dan menyembuhkan kulit. Jangan lupa untuk membersihkannya dengan lap basah hangat sebelum tidur.

[Gambas:Video 20detik]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi