sign up SIGN UP search


moms-life

8 Karakteristik & Ide Rumah Minimalis Modern yang Elegan

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 27 Nov 2019 16:27 WIB
Sebelum membeli rumah minimalis modern, Bunda perlu tahu dulu karakteristiknya ya. caption
Jakarta - Rumah minimalis modern bisa menjadi pilihan Ayah dan Bunda yang sedang mencari ide hunian. Seperti rumah minimalis lainnya, desainnya sederhana namun elegan.

Mengutip Architectural Digest, rumah-rumah minimalis menekankan pada ruang lantai kosong dan dinding sederhana yang meninggalkan kesan tenang. Courtney Trump, desainer utama Luft Design yang berbasis di San Francisco memiliki filosofi desain rumah, yaitu minimalis hangat.


Pertama Trump menjelaskan tentang konsep sedikit namun terkesan lebih. Artinya, kita bisa bermain dengan bentuk dan tekstur desain.


"Jaga agar fondasi ruang sederhana dan desain ruangan detail. Cari kehangatan, tekstur, dan warna yang sesuai. Biarkan bentuk dan tekstur yang mendominasi," kata Trump.

Selanjutnya adalah mencari inspirasi. Konsep rumah minimalis modern sudah berkembang di seluruh dunia, sehingga gaya desain orang lain bisa mempengaruhi kita.

"Teknologi sangat memengaruhi desainer di seluruh dunia untuk menyusun ruang minimalis dengan berbagai tujuan. Akibatnya, banyak desain minimalis yang menakjubkan bisa dijadikan inspirasi," ujar Trump.

Dilansir YR Architecture Design dan Homecrux, berikut karakteristik desain rumah minimalis modern:

1. Kesederhanaan dalam bentuk dan fungsi

Banyak rumah minimalis memiliki rencana tata ruang yang sederhana, mudah, dan efisien dengan volume ruang yang bertumpuk. Ruang yang akan dibuat terlihat tidak rumit.

Ciri khasnya adalah bentuk sederhana, denah lantai terbuka, dinding interior minimal, area penyimpanan sederhana, dan penekanan pada pencahayaan. Pintu dan jendela yang mudah dibuka dan sederhana juga menjadi ciri khas rumah minimalis modern.

Secara keseluruhan, desain rumah ini menghindari bentuk yang kompleks atau tempat yang banyak sudut. Bentuk atap yang sederhana juga merupakan karakteristik rumah minimalis modern.

2. Pilihan dinding pelapis yang sederhana

Menggunakan bahan eksterior dinding yang sederhana bisa memberikan daya tarik visual. Terutama dalam mengekspresikan karakteristik fisik bahan dan teksturnya.

Ilustrasi rumah minimalisIlustrasi rumah minimalis/ Foto: iStock

3. Ruang terbuka yang terkesan bersih

Rumah minimalis modern memiliki denah lantai terbuka antara dapur dan ruang tamu. Ini memungkinkan cahaya masuk mengisi ruang.

Permukaan dinding berwarna terang, detail modern yang bersih, ruang yang tidak berantakan, dan palet warna netral (dengan sedikit percikan warna) memberi daya tarik yang tenang dan menarik pada rumah minimalis.

Kamar yang luas dan terang dengan desain rapi merupakan ciri khas banyak interior rumah minimalis. Hanya funitur yang diperlukan ditempatkan dalam ruangan. Banyaknya cahaya alami menambah suasana ruang terasa hangat dan nyaman.

4. Dekorasi yang sederhana

Banyak interior rumah minimalis ditandai dengan lemari yang polos dengan sedikit detail tambahan. Lemari seperti di dapur dibuat datar dan diletakkan di ruang terbuka.

Detail jendela pun dirancang sederhana. Beberapa orang menggunakan cara yang murah dan mudah untuk memangkas jendela dan pintu, namun tetap mempertahankan tampilan minimalis.

5. Penggunaan material yang disesuaikan dengan tampilan visual, tekstur, dan kepribadian seseorang

Desain rumah minimalis modern bisa dibuat melalui kesederhanaan dalam bentuk, bahan, dan detail. Membangun rumah minimalis modern bukan tentang ketidakmampuan kita atau membuang semua furnitur, tapi berkaitan dengan niat dan tujuan kita, Bun.

Dengan berfokus pada beberapa elemen, bukan berarti kita membatasi diri, tetapi lebih memberi perhatian pada bentuk, warna, dan tekstur benda-benda dan ruang yang kita huni.

Ilustrasi rumah minimalisIlustrasi rumah minimalis/ Foto: iStock

6. Mengurangi apa yang penting

Karakteristik utama dari desain rumah minimalis modern adalah pengurangan sesuatu yang penting. Dalam setiap aspek desain rumahnya terkesan tidak berantakan. Bentuknya lurus, bersih, ramping, dan sederhana.

Dari eksterior, rumah minimalis terlihat aseptik dengan dekorasi minimal. Dinding atau jendela besar yang seragam dan homogen menutupi permukaan besar di bagian luar.

7. Tidak berantakan

Di dalam rumah minimalis, konsep kesederhanaan adalah kuncinya. Rumah minimalis tidak berantakan, Bun.

Ada furnitur yang hanya dibutuhkan untuk menyesuaikan gaya hidup penghuninya. Ini merupakan pengurangan dari apa yang penting untuk menciptakan ruang agar terlihat jauh lebih besar dari sebelumnya.

8. Pencahayaan alami

Penggunaan cahaya alami merupakan bagian dari konsep rumah minimalis modern. Fungsinya untuk menghemat biaya penerangan. Inilah sebabnya banyak rumah minimalis memiliki jendela besar atau panel surya besar.

Dengan meningkatnya populasi dan tekanan lingkungan, rumah minimalis modern menawarkan solusi bagi orang-orang yang masih ingin memiliki tempat sendiri sambil go green. Menggunakan sedikit ruang, sedikit listrik dan sumber daya dapat membantu mengurangi jumlah pembelian impulsif kebutuhan primer.

Dengan mengadopsi gaya hidup minimalis, individu memberikan contoh bagi masyarakat, menunjukkan pentingnya berpikir sebelum membeli sebuah produk. Selain itu, dalam banyak konstruksi, rumah minimalis modern menggunakan bahan daur ulang, Bunda.

Nah, berikut contoh-contoh rumah minimalis modern dan dekorasi ruangnya. Bisa Bunda jadikan ide ya.

Rumah minimalis Modern

Ilustrasi rumah minimalisIlustrasi rumah minimalis/ Foto: iStock


Ruang tamu

Ilustrasi rumah tamu minimalis modernIlustrasi rumah tamu minimalis modern/ Foto: iStock

Kamar tidur

Ilustrasi ruang kamar rumah minimalis modernIlustrasi ruang kamar rumah minimalis modern/ Foto: iStock


Dapur

Ilustrasi dapur rumah minimalis modernIlustrasi dapur rumah minimalis modern/ Foto: iStock


8 Karakteristik & Ide Rumah Minimalis Modern yang Elegan


Bunda juga bisa simak cara membuat lemari dari laci bekas, cocok untuk furtinur rumah minimalis modern, di video berikut ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!